Analisis pasal 81 ayat 1 peraturan pemerintah pengganti undang-undang No 82 tahun 2016 tentang sanksi tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur perspektif Hukum Pidana Islam

Choerunisa, Bintang (2022) Analisis pasal 81 ayat 1 peraturan pemerintah pengganti undang-undang No 82 tahun 2016 tentang sanksi tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur perspektif Hukum Pidana Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
pdf.cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
pdf.abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
pdf.daftarisi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
pdf.bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
pdf.bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
pdf.bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
pdf.bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
pdf.daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Pencabulan merupakan suatu tindakan criminal atau kejahatan berwatak seksual yang terjadi tanpa kehendak bersama dalam arti dipaksakan oleh satu pihak ke pihak yang lainnya. Korbannya dapat berada dibawah ancaman fisik dan atau psikologis, kekerasan, dan dalam keadaan tidak sadar, dibawah umur, dan tidak dapat menolak apa yang terjadi atau tidak dapat bertanggung jawab atas apa yang terjadi padanya. Peraturan pemeritah pengganti undang-undang pasal 81 ayat 1 tahun 2016 disebutkan bahwa sanksi terhadap seseorang yang melanggar ketentuan yaitu setiap orang yang melanggar dikenakan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak 5 (lima) miliar rupiah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur. Kemudian mengetahui sanksi tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur menurut pasal 81 ayat 1 peraturan pemerintan pengganti undang-undang no 82 tahun 2016 dan melihat relevansi sanksi tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur dalam persfektif hukum pidana islam. Kerangka pemikiran yang digunakan penulis dalam penulisan ini bersumber dari Al-Qur’an, hadis dan ijma yang tidak terlepas dari aspek kajian Hukum Pidana Islam tentang sanksi tindak pidan perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur menurut pasal 81 ayat 1 peraturan pemerintah pengganti undang-undang no 82 tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan ini yaitu metode deskriftif analisis. Dilakukan dengan menguraikan atau menjelaskan isi dari data tersebut melalui interpretasi yang tepat. Pendekatan normatif yang mana berdasarkan hukum islam dan undang-undang itu sendiri. Menurut mayoritas pandangan ulama bahwa dalam kasus pencabulan, pihak pelaku dapat ditempatkan status hukumnya dengan jarimah zina. Sedangkan pihak korban status hukumnya menjadi seseorang yang terpaksa berhubungan seks atau berbuat sesuatu diluar kehendaknya. Upaya perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pencabulan perlu dilakukan secara nyata, hati-hati, tepat, dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perbuatan cabul; Hukum; Sanksi; Anak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bintang Choerunisa
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:19
Last Modified: 18 Oct 2022 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60125

Actions (login required)

View Item View Item