Pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Darul Hikam Dago Kota Bandung

Mubarok, Husni Mubarok (2022) Pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Darul Hikam Dago Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi dan prestasi siswa SMP Darul Hikam Dago Kota Bandung dalam kondisi pandemi Covid-19. Penelitian didasari karena pada realitanya, dalam kondisi pembelajaran jarak jauh terdapat siswa yang kurang dalam hal motivasi dan prestasi belajar, yang diakibatkan dari media sistem informasi manajemen sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: petama untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa, kedua ingin mengetahui seberapa besar pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa, ketiga ingin mengetahui seberapa besar pengaruh sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMP Darul Hikam Dago kota Bandung. Serta untuk mengetahui apa saja kendalanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan jumlah sampel 99 siswa SMP Darul Hikam Dago kota Bandung. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif parsial dan analisis korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi belajar (sig. = 0,000 < 0,05 dan KK= 0,997); kedua, sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap prestasi belajar (sig. = 0,000 < 0,05 dan KK= 0,995); sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa (sig. = 0,000 < 0,05 dan KK= 0, 973) dengan demikian hipotesis diterima. koefisien determinasinya adalah 94,7%, 5,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti fisiologis, psikologis dan lingkungan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas, sistem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh di SMP Darul Hikam Dago kota Bandung mampu menjadi penolong dunia pendidikan di masa pandemi Covid 19 ini. ENGLISH : This study was conducted to measure how much influence the distance learning management information system has on the motivation and achievement of Darul Hikam Dago Junior High School students in Bandung City during the Covid-19 pandemic. The research is based on the fact that in distance learning conditions there are students who are lacking in motivation and learning achievements, as a result of the school management information system media. The purposes of this study are: firstly to find out how much influence distance learning management information system has on students' learning motivation, secondly to know how much influence distance learning management information system has on student learning achievement, thirdly to know how much influence learning management information system has. distance learning on motivation and learning achievement of Darul Hikam Dago Middle School students in Bandung. And to find out what the obstacles are. This study uses a quantitative approach. The method used in this research is the descriptive correlational method, with a sample of 99 students of SMP Darul Hikam Dago Bandung city. While the data collection techniques used questionnaires, interviews and documentation studies. Then to analyze the data using two approaches, namely partial descriptive analysis and correlation analysis using the SPSS version 26 application. The results of this study are: first, distance learning management information system has a very strong influence on learning motivation (sig. = 0.000 < 0.05 and KK = 0.997); second, distance learning management information system has a very strong influence on learning achievement (sig. = 0.000 < 0.05 and KK = 0.995); distance learning management information system has a very strong influence on students' motivation and learning achievement (sig. = 0.000 <0.05 and KK = 0.973) thus the hypothesis is accepted. the coefficient of determination is 94.7%, the remaining 5.3% is influenced by other factors such as physiology, psychological and student environment. Based on the results of the research above, the distance learning management information system at Darul Hikam Dago Middle School in Bandung can help the world of education during the Covid 19 pandemic.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Simtem informasi manajemen; Simtem informasi manajemen pendidikan; Sitem informasi manajemen pembelajaran jarak jauh; Motivasi belajar, prestasi belajar siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Adult Education > Distance Education
Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Acep Husni Mubarok
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:37
Last Modified: 17 Oct 2022 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60105

Actions (login required)

View Item View Item