Strategi dakwah Dewan Kemakmuran Masjid dalam pemberdayaan masyarakat : Studi deskriptif Jamaah Masjid Al-Muhajirin Perumahan Blok I Dukuh Zamrud Mustikajaya Kota Bekasi

Laila, Siti Nadia (2022) Strategi dakwah Dewan Kemakmuran Masjid dalam pemberdayaan masyarakat : Studi deskriptif Jamaah Masjid Al-Muhajirin Perumahan Blok I Dukuh Zamrud Mustikajaya Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan yang keterbelakangan sebuah masjid disuatu daerah tertentu yang menjadikan masyarakat berpandangan bahwa sebuah masjid yang berada di tengah-tengah komplek dan perumahan hanyalah semata sebagai tempat Ibadah saja. Sebagaimana yang disampaikan Rasulullah bahwa masjid perlu menjadi sebuah trensenter pradaban umat Islam. Perbedaan pendapat dan pemahaman justru perlu menjadikan masjid sebagai sebuah tempat ketenangan jiwa masyarakat. Oleh sebab itu, melalui Masjid Al-muhajirin sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan berkontribusi kepada bangsa untuk mencetak masyarakat yang cerdas dan berintelektual. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui strategi dakwah Dewan Kemakmuran Masjid dalam pemberdayaan masyarakat perumahan. Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berakhlakul karimah. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi yang dikemukakan oleh Henry Mintzberg. Dijelaskan dalam teori ini bahwa strategi mencakup Pandangan, Perencanaan, Hasil dari kegiatan. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dakwah dewan kemakmuran masjid sebagai berikut : Pertama, pandangan syiar dakwah pengurus masjid Al-muhajirin melahirkan sebuah semboyan yaitu “Bersatu dalam Aqidah, Berjamaah dalam Ibadah, Toleransi dalam Khilafah”. Kedua, perencanaan dakwah yang dirumuskan melalui sebuah strategi yaitu melalui implementasi dari semboyan yang disebutkan diatas, dengan merumuskan kepengurusan yang baik, dan membuat sebuah kebijakan-kebijakan dan kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat. Ketiga, hasil dari strategi atau implementasi strategi melalui peningkatan Sumber daya manusia, sumber daya ekonomi, sumber daya lingkungan dari kegiatan kegiatan peningkatan Intelektual hingga sosial yang salah satunya adalah program unggulan peningkatan ekonomi masjid dan masyarakat yaitu “Bantal Guling”. Perumusan yang strategis dan menarik membuat masyarakat mengubah pandangannya bahwa masjid saat ini adalah masjid untuk menciptakan suatu peradaban Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Masjid; Masyarakat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Nadia Laila
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:14
Last Modified: 17 Oct 2022 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60098

Actions (login required)

View Item View Item