Implementasi metode Decision Tree untuk sistem pemberian Air Minum tersterilisasi otomatis pada ternak Ayam berbasis IoT

Ardiyansah, Putra Tubagus (2022) Implementasi metode Decision Tree untuk sistem pemberian Air Minum tersterilisasi otomatis pada ternak Ayam berbasis IoT. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IB)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Pemberian air minum pada ternak ayam merupakan salah satu faktor untuk menghasilkan kualitas ayam yang baik. Konsumsi air pada ayam umumnya dipengaruhi oleh umur, temperatur lingkungan, dan kesehatan ayam. Air minum yang layak dikonsumsi harus terhindar dari cemaran bakteri agar ayam terhindar dari penyakit. Sistem pemberian air minum tersterilisasi otomatis dirancang untuk memberikan ketersediaan air minum steril untuk ayam. Proses sterilisasi dilakukan untuk mereduksi cemaran bakteri Salmonella pada air. Untuk mereduksi bakteri Salmonella, proses sterilisasi air dilakukan menggunakan penyinaran lampu UV dengan intesitas lampu sebesar 0,0136 mW/cm2 dan durasi penyinaran selama 18,627 menit untuk mendapatkan dosis penyinaran UV sebesar 15,2 mWdetik/cm2 . Penelitian ini menggunakan lima sensor ultrasonik HCSR04 dan aplikasi Blynk. Sensor ultrasonik HC-SR04 terhubung dengan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk membaca ketinggian air pada tangki dan tabung air penampungan. Kemudian data hasil pembacaan sensor ultrasonik HC-SR04 ditampilkan pada aplikasi Blynk untuk dilakukan proses pemantauan secara real time melalui smartphone pengguna. Pada mikrokontroler NodeMCU ESP8266 ditanamkan metode decision tree sebagai pemberi keputusan output berdasarkan algoritma C4.5. Terdapat tiga proses dalam perancangan decision tree, yaitu penentuan dataset, pembentukan pohon keputusan dan pembentukan rule. Sistem ini memiliki lima atribut yang digunakan untuk menghasilkan kondisi pemberian air minum pada ternak ayam yaitu tangki A, tangki B, tabung air 1, tabung air 2, dan tabung air 3. Hasil pengujian sistem menggunakan metode decision tree dengan jumlah data uji sebanyak 20 data, diperoleh akurasi sebesar 95%. Rata-rata waktu komputasi sistem sebesar 0,22 ms dan rata-rata waktu pengiriman data ke platform Blynk sebesar 0,50027 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Iot;decision tree; nodemcu8266; algoritma c4.5; air minum ayam; sterilisasi uv
Subjects: Science and Religion
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Putra Tubagus Ardiyansah
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:01
Last Modified: 24 Oct 2022 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60092

Actions (login required)

View Item View Item