Optimalisasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dalam pelayanan pendaftaran Haji reguler : Studi deskriptif di penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya

Rizwan, Putri Neng Awaliyah (2022) Optimalisasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dalam pelayanan pendaftaran Haji reguler : Studi deskriptif di penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf - Other

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf - Other

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf - Other

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf - Other

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong lembaga pemerintah untuk mampu menciptakan sebuah sistem informasi untuk memudahkan pekerjaan dalam memberikan pelayanan publik, salah satunya di Kementerian Agama yang mengaplikasikan siskohat sebagai penunjang kebutuhan dalam memberikan pelayanan pendaftaran haji reguler. Akibat adanya pandemi virus corona pada tahun 2020 pelaksanaan ibadah haji ditunda. Namun, pada awal tahun 2022 kondisi penyebaran sudah bisa terkontrol, hal tersebut berdampak pada meningkatnya jumlah pendaftar setelah dua tahun menurun drastis. Adapun fokus pada penelitian ini adalah kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan siskohat dalam pelayanan pendaftaran haji reguler. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas 1) kualitas informasi siskohat, 2) kualitas sistem siskohat dan, 3) kualitas pelayanan siskohat dalam pelayanan pendaftaran haji reguler. Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana usaha yang dilakukan oleh Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya dalam optimalisasi siskohat. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, penulis menggunakan teori Kesuksesan Sistem Informasi yang digagas oleh McLean dan DeLone (2003) yang menjelaskan bahwa kesuksesan dari sebuah sistem informasi dapat ditinjau dari tiga poin utama yaitu kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan. Dilihat dari sifatnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah staf informasi, staf pendaftaran, dan jemaah pendaftar haji reguler. Adapun yang menjadi objek penelitiannya adalah kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumntasi, data yang didapatkan dianalisis melalui data collection, data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dalam Pelayanan Pendaftaran Haji Reguler di PHU Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya dinilai sudah optimal dan berjalan sesuai fungsinya. Kualitas Informasi ditunjukkan dengan memastikan dokumen yang diserahkan jemaah sudah valid, kualitas sistem ditunjukkan dengan perawatan serta pemilihan perangkat keras yang sesuai dengan perangkat lunak serta pemilihan SDM yang tepat, dan kualitas pelayanan ditunjukkan dengan memberikan respon sigap dan peka terhadap kebutuhan jemaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem; Informasi; Komputerisasi; Pelayanan; Haji; Reguler
Subjects: General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Neng Putri Rizwan Awaliyah
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:00
Last Modified: 14 Oct 2022 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60071

Actions (login required)

View Item View Item