Pola pendistribusian dana Zakat UPZ Pondok Melati dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan ekonomi masyarakat Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi

Kamil, Musthofa (2022) Pola pendistribusian dana Zakat UPZ Pondok Melati dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan ekonomi masyarakat Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya ketimpanagan data strategi pola pendistribusian dana zakat UPZ (Unit Pengelolaan Zakat) di UPZ Pondok Melati Kota Bekasi dengan RT yang tidak transparan memberikan bantuan sesuai dengan data sehingga masyarakat sekitar masih banyak yang belum mendapatkan bantuan dana zakat DARI pengurus UPZ. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendistribusian dana zakat oleh UPZ Pondok Melati dan juga untuk mengetahui efektifitas strategi pendistribusian yang dilakukan oleh UPZ Pondok Melati Kota Bekasi terhadap penerimaan dana zakat dan membantu mengentaskan kemiskinan di tengah-tengan kesusahan masyarakat dalam menjalankan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer, dimana penulis melakukan observasi dan wawancara. Penulis juga menambahkan beberapa data sekunder sebagai tambahan informasi dapat di pahami oleh masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar s trategi yang digunakan oleh UPZ Pondok Melati Kota Bekasi sudah baik, hanya saja ada beberapa strategi yang dirasa kurang efektif diterapkan dilapangan dikarenakan masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai UPZ. Penerapan strategi yang dilakukan oleh Pengurus, mereka punya caranya masing-masing. Hal tersebut menyebabkan perbedaan waktu ketertarikan masyarakat terhadap UPZ. Kesimpulannya Lembaga UPZ Kec. Pondok Melati Kota Bekasi dalam upaya melakukan pendistribusian dana zakat ini pola yang dilakukan yaitu dengan survai langsung ke lokasi agar mendapat data yang sesuai dengan kriteria orang yang berhak menerimanya terlebih dahulu, Dan ternyata dari pihak lembaga UPZ itu terjadi salah komunikasi terkait ketimpangan data yang diberikan oleh RT, disebabkan karena mendapat intervensi (tekanan) dari ormas masyarakat setempat sehingga bantuan dana zakat itu tidak sesuai deangan kriteria yang berhak di menerimanya dari UPZ inilah salah satu upaya agar dapat mengentaskan kemiskinan dan membantu masyarakat dari segi sandang pangan dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari - hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pola Pendistribusian; Dana Zakat; UPZ
Subjects: Econmics
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Musthofa Kamil
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:18
Last Modified: 14 Oct 2022 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60066

Actions (login required)

View Item View Item