Imbauan pesan dakwah dalam akun Tiktok @hiyung_agam : Analisis isi model Alston

Nabillah, Ridha (2022) Imbauan pesan dakwah dalam akun Tiktok @hiyung_agam : Analisis isi model Alston. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial memiliki fungsinya sendiri yaitu membagikan pesan baik dalam bentuk gambar, tulis, maupun video. Para da’I modern berlomba-lomba untuk megunggah konten dakwah semenarik mungkin dengan konsep yang kreatif. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar konten dakwah tersebut dapat disampaikan dengan baik dan berpengaruh pada tingkah laku sosial masyarakat. Da’I tersebut yakni Agam Fachrul yang mengunggah konten dakwahnya dalam akun tiktok @hiyung_agam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pesan dakwah rasional pada akun tiktok @hiyung_agam, kemudian mengetahui pesan dakwah motivational pada akun tiktok @hiyung_agam, dan mengetahui pesan dakwah emosional pada akun tiktok @hiyung_agam. Selanjutnya, penelitian ini mengacu pada teori Model Alston yang membahas tentang imbauan pesan tingkah laku (bahvioural) yakni terdapat tiga kategori yaitu imbauan rasional, motivational, dan tingkah laku. Kemudian, penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dengan metode penelitian pendekatan kualitatif analisis isi model Alston. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa pesan dakwah mengenai imbauan pesan rasional yang dapat menjadikan masyarakt berpikir secara rasio, kemudian immbauan pesan motivational yang menjadikan masyarakat merasa terdorong untuk berbuat kebaikan. Kemudian pesan emosional yaitu sebagai suatu tindakan dan pergerakan dari masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi masyarakat luas dalam menerima pesan dakwah, sehingga bukan hanya didengarkan saja tetapi dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masyarakat dapat menggunakan pesan secara bijak serta menghindari informasi yang negative.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial; Tiktok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ridha Nabillah
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:21
Last Modified: 18 Oct 2022 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60052

Actions (login required)

View Item View Item