Implementasi jasa layanan dalam meningkatkan kepuasan Jamaah Haji : Studi deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Bandung

Maharani, Sida Riska (2022) Implementasi jasa layanan dalam meningkatkan kepuasan Jamaah Haji : Studi deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Mencapai kepuasan jemaah tentunya Kementerian Agama harus memberikan pelayanan jasa yang baik, terutama di seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU). Pelayanan merupakan faktor penting yang akan mengubah suatu lemabaga menjadi lebih baik kualitasnya dan berdampak kepada kepuasan jemaah, apabila pelayanan yang dilakukan oleh lembaga mampu melakukan manajerial yang tepat di segala. strategi keberhasilan yang dilakukan oleh lembaga tersebut ditentukan oleh kemampuan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap kepuasan jemaah. Hal ini dikarenakan masyarakat sekarang mencari lembaga yang bermutu dalam hal pelayanan, yang dapat membimbing mereka dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah. Mutu pelayanan yang diberikan antara lain berupa bukti fisik Tangible (wujud), Realibility (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), Emphaty (empati/perhatian). Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kebijakan layanan yang diberkan Kementerian Agama Kabupaten Bandung di seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) terhadap para jemaah. 2) Untuk mengetahui program pelayanan yang di berikan seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Bandung kepada para jemaah. 3) Untuk mengetahui implementasi kebijakan dalam membantu dan memberikan layanan dengan cepat oleh Kementerian Agama Kabupaten Bandung khususnya di seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU). Menurut AS. Moenir, “Pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang langsung diterima. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa pelayanan merupakan tindakan yang dilakukan orang lain dan masing-masing memperoleh keuntungan yang diharapkan dan mendapat kepuasan. Tujuan Pelayanan yaitu supaya setiap konsumen merasakan kepuasan dan akan berdampak positif bagi perusahaan. Proses penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang menggambarkan data-data serta informasi sesuai yang ada di lapangan. Metode deskriptif ini digunakan untuk menggambarkan secara sistematis fakta ataupun karakteristik terhadap populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memiliki kebijakan lokal ataupun peraturan khusus dalam hal pemberangkatan dan pemulangan yang dilaksanakan di tempat khusus yaitu Lapangan Lanud Sulaiman. Adapun jasa layanan atau program yang berbeda dengan PHU Kementerian Agama Kabupaten/Kota lain yaitu pelayanan yang sudah berbasis PTSA (Pelayanan Terpadu Satu Atap) yang akan menghasilkan kepuasan jamaah. Dalam Implementasi kebijakan ada perbedaan dalam pelayanan untuk jamaah haji yang bergabung KBIH dengan jamaah haji mandiri, perbedaannya yaitu dalam hal pelaksaan manasik haji dan biaya manasik, jamaah yang bergabung dengan KBIH akan melaksanakan manasik di tempat KBIH tersebut dengan biaya yang harus di keluarkan sesuai KBIH masing-masing, untuk jamaah haji mandiri akan melaksanakan manasik di Kantor Kementerian Agama dengan materi yang sama tetapi tidak dipungut biaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Jasa Layanan; Kepuasan.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sida Riska Maharani
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:50
Last Modified: 14 Oct 2022 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60033

Actions (login required)

View Item View Item