Efektifitas teknik bimbingan literasi dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMP Islam Yayasan Pendidikan 17 Nagreg

Fauzi Tedja, Rizki (2017) Efektifitas teknik bimbingan literasi dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMP Islam Yayasan Pendidikan 17 Nagreg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Islam Terpadu YP 17 Nagreg Kabupaten Bandung yang menunjukkan tingkat konsentrasi belajar yang kurang baik, dengan ciri-ciri yaitu terdapat siswa yang melamun saat diberikan materi pelajaran, bermain-main ketika pelajaran, tidak memperhatikan guru, dan beberapa juga ada yang mengobrol dengan teman sebangkunya. Dengan adanya bimbingan literasi siswa dapat dikatakan mampu berkonsentrasi dengan baik, terdapat peningkatan yang cukup signifikan Setelah diberikanya teknik bimbingan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui teknik bimbingan literasi. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui teknik bimbingan literasi. Bimbingan literasi adalah proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum” (Wardati : 18-19). Populasi penelitian yaitu 150 siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu YP 17 Nagreg Kabupaten Bandung dengan jumlah sampel 30 siswa, teknik sampel diambil dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan survey deskriptif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan one sampel kolmogrov-smirnov tes. Peningkatan konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa sebelum diberi teknik bimbingan literasi pada kriteria rendah 19(63%) dan kriteria tinggi 11(37%). Setelah diberi teknik bimbingan literasi pada kriteria rendah 13(43%) dan kriteria tinggi 17(57%). Hasil Observasi meunjukkan adanya peningkatan sebesar 55.8% dibulatkan menjadi 56%. Dan hasil uji one sampel kolmogrov-smirnov tes, menunjukkan bahwa nilai P_value≤ α 0,05, atau memiliki arti bahwa Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima, artinya konsentrasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui teknik bimbingan literasi. Hasil akhir penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan bimbingan literasi tingkat konsentrasi belajar siswa rendah kemudian setelah diberikan bimbingan literasi tingkat konsentrasi belajar siswa meningkat, hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang positife terhadap peningkatan konsentrasi belajar setelah diberikan layanan bimbingan literasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Bimbingan Literasi; konsentrasi belajar siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rizki Fauzi Tedja Tedja
Date Deposited: 02 Feb 2018 01:11
Last Modified: 02 Feb 2018 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item