Optimalisasi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran Masjid : Studi deskriptif di Masjid Besar Rancaekek Kabupaten Bandung

Al-Achwani, Ma'ruf Fahmi (2022) Optimalisasi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran Masjid : Studi deskriptif di Masjid Besar Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Masjid bagi umat Islam merupakan salah satu sarana dalam menggerakan risalah yang dibawa oleh Rosulullah SAW. Dan merupakan amanah beliau kepada umatnya. Masjid tidak hanya sekedar untuk tempat sujud atau i’tikaf tetapi merupakan pusat kebudayaan Islam. Dalam upaya meningkatkan kemakmuran Masjid, maka diperlukan adanya sosialisasi, aplikasi kegiatan-kegiatan dan informasi. Salah satu yang diterapkan di Masjid Besar Agung Rancaekek yaitu pengorganisasian, merupakan suatu proses penentu pengelompokan dan pengaturan organisasi pembagian kerja, kualitas kerja, departementalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penentuan pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran Masjid, struktur organisasi masjid, baik itu dari segi pembagian kerja, kualitas kerja dan departementalisasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengorganisasian yang dilakukan di Masjid Besar Rancaekek demi meningkatkan kemakmuran masjid. Pengorganisasian secara sistematik akan memudahkan pengurus atau pegawai dalam melaksanakan proses penentuan pengorganisasian, struktur organisasi, pembagian kerja, kualitas kerja, departementalisasi karena itu dalam pengorganisasian terdapat suatu proses pengaturan dan pembagian kerja, wewenang, serta tanggung jawab secara jelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang tertuju pada pemecahan masalah dengan cara menyusun data, menjelaskan data dan menganalisis dengan memaparkan pendekatan yang dikhususkan pada optimalisasi pengorganisasian, dikarenakan metode ini didasarkan pada pemanfaatan secara logika yang dihimpun melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses penentuan pengorganisasian berawal dari pembagian kerja dan tujuan pengorganisasian. Struktur organisasi mempunyai fungsi. Pengaturan aktivitas mempunyai tujuan. Macam-macam aktivitas dan pengawasan pengaturan aktivitas. Dari pengorganisasian sudah tentu adanya pembagian kerja, kualitas kerja, dan departementalisasi dalam meningkatkan kemakmuran masjid yaitu melalui serangkaian acara kegiatan yang merupakan proses pengorganisasian. Salah satunya yang diterapkan oleh Masjid Besar Rancaekek dalam meningkatkan kemakmuran yaitu melalui pengorganisasian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Pembagian Kerja; Kualitas Kerja; Departementalisasi; Kemakmuran Masjid
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahmi Ma'ruf A
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:02
Last Modified: 13 Oct 2022 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59954

Actions (login required)

View Item View Item