Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim : Penelitian terhadap siswa MTs Husainiyah Cicalengka Kab Bandung

Ropikin, Sanan (2022) Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim : Penelitian terhadap siswa MTs Husainiyah Cicalengka Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa aktivitas ikatan remaja mesjid (IRMA), di ikuti oleh siswa dengan tingkat aktivitas yang cukup tinggi. Namun disisi lain motivasi siwa untuk berbusana muslim masih rendah. Penelitian dilakukan terhadap siswa di Mts Husainiyah Cicalengka, bahwa kegiatan IRMA ini cukup memberikan rangsangan positif terhadap siswa, sehingga memotivasi dan pembelajaran siswa yang di harapkan. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan masalah yang menarik untuk diteliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) di MTs Husainiyah Cicalengka. 2) Motivasi Siswa dalam memakai busana muslim di MTs Husainiyah Cicalengka, 3) Hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim di MTs Husainiyah Cicalengka. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa motivasi siswa dalam berbusana muslim dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya aktivitas mereka mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa dalam mengikuti ikatan remaja masjid, maka akan semakin tinggi pula motivasi mereka dalam berbusana muslim. Begitu pun sebaliknya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasi. Pengumpul data yang digunakan melalui angket, observasi, wawancara, dan studi instrumen. Analisis datadilakukan dengan pendekatan logika, untuk data kualitatif dan pendekatan statistik data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) termasuk pada interpretasi tinggi. Berdasarkan skor perhitungan angket rata-rata 3,8 yang berada pada skala 3,4 – 4,5. Berkategorikan baik. 2) Motivasi siswa dalam berbusana muslim termasuk pada interpretasi tinggi. Berdasarkan skor perhitungan 4,2 yang berada pada skala 3,4 – 4,5. Berkategorikan baik. 3) Hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dengan motivasi mereka berbusana muslim termasuk interpretasi tinggi. Berdasarkan pada koefisien korelasi 0,37 angka tersebut di interpretasikan Tinggi karena berada pada skala 0,37 rxy≤1,00. Adapun besarnya hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim adalah 8% dan 92% faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Ikatan Remaja Masjid (IRMA); Motivasi Mereka dalam Berbusana Muslim
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sanan Ropikib
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:19
Last Modified: 13 Oct 2022 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59935

Actions (login required)

View Item View Item