Layanan bimbingan kelompok melalui program pembinaan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Juara Bandung Kelas VII, VIII, dan IX

Khoirunnisa, Fadhilah (2022) Layanan bimbingan kelompok melalui program pembinaan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Juara Bandung Kelas VII, VIII, dan IX. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi yang pesat kini dengan canggihnya fitur gadget atau smartphone dan alat elektronik lainnya, menjadikan anak lebih sering memainkannya hingga lalai dengan kewajiban anak yang seharusnya ditunaikan. salah satunya seperti belajar, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Anak-anak menjadi malas dan sulit diatur ataupun dinasehati oleh orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Inilah yang menunjukkan betapa pentingnya nilai disiplin yang perlu ditanamkan sejak dini agar mencegah terjadinya perilaku indisipliner pada diri anak atau peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan dan hasil yang didapatkan dari layanan bimbingan kelompok melalui program pembinaan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini salah satunya mengacu pada pendapat Prayitno yang menjelaskan mengenai tahapan-tahapan bimbingan kelompok dan nilai-nilai karakter Islami. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menafsirkan suatu kejadian yang ingin peneliti teliti dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui program pembinaan karakter Islami dalam meningkatkan kedisiplinan siswa berjalan dengan baik dan terstruktur. Sehingga membawa dampak yang baik bagi aktivitas keseharian siswa, menciptakan bonding yang baik dan kuat antara guru dengan siswa, meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah serta dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa untuk mencapai karakter yang menerapkan nilai-nilai keislaman dalam keseharian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Pembinaan Karakter Islami; Kedisiplinan.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fadhilah Khoirunnisa
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:32
Last Modified: 01 Dec 2022 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59934

Actions (login required)

View Item View Item