Penerapan perilaku tasawuf akhlaki dalam kehidupan sosial remaja : Studi deskriptif pada Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Nurul Huda Kp. Jarakosta Desa Danau Indah Kec. Cikarang Barat Bekasi)

Kholifah, Siti Nur (2022) Penerapan perilaku tasawuf akhlaki dalam kehidupan sosial remaja : Studi deskriptif pada Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Nurul Huda Kp. Jarakosta Desa Danau Indah Kec. Cikarang Barat Bekasi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penerapan perilaku Tasawuf Akhlaki dalam kehidupan sosial remaja Kampung Jarakosta. Kondisi kehidupan sosial remaja Kampung Jarakosta sempat diwarnai beberapa fenomena kenakalan remaja, yang mana hal tersebut membuat mereka terjerumus pada hal-hal yang negatif. Karena itu, persoalan ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab hal ini membutuhkan pemahaman dan pemaknaan yang didasarkan pada ajaran agama. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap: 1) Kehidupan sosial ikatan Remaja Masjid (IRMas) Nurul Huda Kampung Jarakosta; 2) Pemahaman ajaran Tasawuf Akhlaki pada ikatan Remaja Masjid (IRMas) Nurul Huda Kampung Jarakosta; dan 3) Penerapan perilaku Tasawuf Akhlaki dalam kehidupan sosial ikatan Remaja Masjid (IRMas) Nurul Huda Kampung Jarakosta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, dan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Payung teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini ialah teori Tasawuf Akhlaki al-Ghazali. Tasawuf Akhlaki menurut al-Ghazali sebagai jalan menuju akhlaqul karimah. Seseorang yang memiliiki akhlak yang baik akan memiliki seni dalam berperilaku, dan banyak makna yang bisa diambil dalam setiap tindakanya dan bisa jadi ibrah dalam menjalani kehidupan. Temuan penelitian ini ialah: Pertama, secara historis kondisi kehidupan sosial remaja Kampung Jarakosta sempat diwarnai beberapa fenomena kenakalan remaja, setelah adanya IRMas potret kehidupan remaja Kampung Jarakosta saat ini, sangat baik. Hal ini, terlihat dalam kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan yang mendapat pandangan positif dari masyarakat. Kedua, pemahaman remaja IRMas tentang Tasawuf Akhlaki, mereka memandang Tasawuf Akhlaki sebagai suatu ilmu yang tidak hanya dipelajari, akan tetapi juga mesti dipahami dan dihayati. Hal ini terlihat dari pandangannya yang disertai ayat-ayat Al-Qur’an, memahami pentingnya tujuan tasawuf ialah agar manusia selalu ingat pada Allah dan menunaikan kewajibannya sebagai hamba, pemelihara bumi, dan memahami setatus dan perannya dalam masyarakat. Ketiga, penerapan perilaku Tasawuf Akhlaki dalam kehidupan sosial remaja IRMas telah berjalan sejak dibentuknya IRMas Nurul Huda hingga saat ini, dan pembinaan akhlak pun terus diberikan. Hasil pembinaan akhlak tersebut, remaja IRMas tak hanya terhindar dari kenakalan remaja, lebih dari itu remaja IRMas selalu megadakan acara/kegiatan yang bermanfaat, baik untuk dirinya ataupun masyarakat Kampung Jarakosta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Tasawuf Akhlaki; Kehidupan Sosial Remaja
Subjects: Comparative Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Nur Kholifah
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:26
Last Modified: 13 Oct 2022 08:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59904

Actions (login required)

View Item View Item