Efektivitas penyaluran dana zakat untuk pendidikan dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa oleh Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat

Yonita, Meli (2022) Efektivitas penyaluran dana zakat untuk pendidikan dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa oleh Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

Beasiswa Merupakan salah satu program dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat dengan tujuan membantu mahasiswa kurang mampu dalam menempuh pendidikan. Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB) Provinsi Jawa Barat telah mengalokasikan dana zakat untuk beasiswa pertahunnya, namun ditemui beberarapa masalah yaitu belum tersalurkan secara maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisa mekanisme penyaluran dana zakat untuk beasiswa, menganalisis efektivitas penyaluran dana zakat untuk pendidikan dalam bentuk program beasiswa bagi mahasiswa, dan mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam penyaluran dana zakat untuk beasiswa oleh BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Konsep serta teori dalam penelitian ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu 1) Efektivitas, yang membahas pengertian, dasar hukum, indikator, serta pendekatan efektivitas. 2) Zakat. 3) Badan Amil Zakat. 4) Penyaluran dana zakat. Dan 5) ACR (Allocation to Collection Ratio). Metode penelitian yang digunakan oleh penulis ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode penelitian ini, penulis meninjau objek penelitian secara langsung serta melakukan observasi lapangan dan juga melakukan wawancara langsung pada Amil zakat yaitu LBB dan para penerima beasiswa guna menghindari data yang fiktif. Jenis data yang digunakan oleh penulis yaitu data sekunder yang meliputi data data, arsip pendukung, serta buku-buku yang bersinggungan dengan pokok pembahasan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Mekanisme Penyaluran dana zakat untuk beasiswa diperuntukan kepada mahasiswa yang kurang mampu yang berada di Provinsi Jabar untuk membantu biaya pendidikan serta meringankan beban orang tua dalam perekonomian keluarga, mengenai pembiayaan yang terdapat di beasiswa Baznas Provinsi Jabar dilaksanakan melalui Pendaftaran selanjutkan diadakan verifikasi data oleh tim LBB kemudian penentuan calon penerima beasiswa Baznas yang disalurkan melalui rekening pribadi dengan sistem Payroll. 2) Kondisi Efektivitas penyaluran dana zakat untuk beasiswa Baznas, melihat kondisi dana untuk beasiswa sudah efektif hal tersebut dapat dilihat dari pengukuran ACR (Allocation of collection Ratio) BAZNAS Provinsi Jawa Barat memperoleh nilai rata-rata >90% dengan kategori sangat efektif sebanyak 3 kali pada tahun 2019-2021, selain itu dilihat dari hasil wawancara dengan para penerima beasiswa yang mengaku sangat terbantu. 3) Kendala yang dihadapi dalam penyaluran dana yaitu keterbatasan dana yang ada karena pendapatan tiap bulan tidak tetap, ditambah dengan kondisi pandemi yang terjadi pada tahun 2020 yang membuat kebijakan recofucing anggaran kepada sektor bantuan kesehatan, ditambah dengan meningkatkan pemohon bantuan yang tidak di imbangi oleh ketersediaan anggaran sehingga BAZNAS Provinsi Jawa Barat membuat kebijkan dengan membatasi jumlah pemohon pada tahun 2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Zakat; Beasiswa; Allocation to Collection Ratio
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Meli Yonita
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:25
Last Modified: 13 Oct 2022 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59875

Actions (login required)

View Item View Item