Pengaruh strategi takrir dalam meningkatkan kualitas tahfidz Qur'an : Penelitian pada santri rumah tahfidz Qur'an An-Nur Kota Tasikmalaya

Ashshiddiqi, Hasbi (2022) Pengaruh strategi takrir dalam meningkatkan kualitas tahfidz Qur'an : Penelitian pada santri rumah tahfidz Qur'an An-Nur Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FILE 4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (FILE 5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (FILE 6_BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (FILE 7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya penurunan kualitas tahfidz qur’an yang ditandai dengan terjadinya penurunan jumlah hafalan Al-Qur’an oleh sebagian besar santri di Rumah Tahfidz Qur’an An-Nur Cibatu Tasikmalaya mendorong pihak pengurus rumah tahfidz serta tokoh masyarakat sekitar untuk melakukan pembaharuan. Adapun pembaharuan dalam sistem pembalajaran yakni berkaitan dengan metode yang dipakai oleh para santri dalam menghafalkan Al-Qur’an dengan menggunakan metode takrir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan metode takrir dalam meningkatkan kualitas tahfidz qur’an serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan metode takrir terhadap peningkatan kualitas tahfidz Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an An-Nur Cibatu Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan instrumen kuesioner. Adapun teknik pengumpulan data selain dengan kuesioner yakni menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan studi kepustakaan. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan ketentuan bahwa jumlah populasi <100 maka seluruh populasi dalam penelitian ini merupakan sampel yang berjumlah 58 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software statistika SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari metode takrir (X) terhadap peningkatan kualitas tahfidz Qur’an (Y). Hal tersebut berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana dengan hasil positif dan signifikan artinya apabila terjadi peningkatan dalam penerapan metode takrir hal tersebut pula akan berpengaruh pada peningkatan kualitas dalam menghafalkan Qur’an oleh para santri. Berdasarkan uji koefisien determinasi mendapatkan hasil bahwa metode takrir terbukti memberikan pengaruh sebesar 36,8% terhadap peningkatan kualitas menghafal para santri. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa angka probabilitas signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh dari metode takrir terhadap peningkatan kualitas tahfidz Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an An-Nur Cibatu Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode takrir; Kualitas tahfidz Qur’an; Menghafal al-qur’an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hasbi Ashshiddiqi
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:44
Last Modified: 13 Oct 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59856

Actions (login required)

View Item View Item