Kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa sehari-hari di MTs Al-Faqihiyah Arjasari Kab.Bandung

Ramadani, Ahmad Taufik (2022) Kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa sehari-hari di MTs Al-Faqihiyah Arjasari Kab.Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena bahwa masih banyak para peserta didik yang belum mencerminkan perilaku keagamaan yang seharusnya mereka jalani sebagai seorang Muslim. Masih banyak peserta didik yang tidak shalat dzuhur berjamaah di madrasah, padahal shalat wajib dilaksanakan, masih banyak dari para peserta didik yang bersikap kurang sopan terhadap guru dan masih banyak peserta didik yang tidak mengikuti membaca Al-Qur’an bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa sehari-hari di MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui bentuk kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa di MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung, yaitu dengan, (a). keteladanan ,(b) kedisipllinan, (c) pembiasaan, (d) pertemuan guru dan orangtua, dan (e) buku kegiatan harian siswa.(2) mengetahui faktor pendukung kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa di MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung yaitu : (a) internal sekolah, siswa-siswi MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung seratus persen beragama Islam, (b) Faktor eksternal sekolah, dukungan dan kejasama aktif orangtua wali siswa kepada sekolah dalam monitoring perilaku keagamaan siswa. Adapun penghambatnya ialah (a).internal sekolah, masih terbatasnya fasilitas, terutama di masjid yang sudah tidak bisa menampung banyak orang untuk melaksanakan sholat berjamaah, (b) Faktor eksternal sekolah, masih adanya beberapa guru yang kurang mengawasi perilaku-perilaku keagamaan siswa, Metode Penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan mengambil latar belakang masalah di MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Keberhasilan kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan pada siswa di MTs Al-Faqihiyah Kab.Bandung ialah : hasilnya pun menggembirakan para siswa sekarang semakin rajin mengerjakan shalat bukan hanya di madrasah saja tapi diluar madrasah pun siswa mengerjakannya.Puasa sunah senin dan kamis di laksanakan, setiap hari jumat infaq dan shodakoh, dan rutin membaca Al-Quran sangat bagus hasil dari penerapan Kerjasama Guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kerjasama; guru; orangtua; perilaku keagamaan;
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Taufik Ramadani
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:48
Last Modified: 13 Oct 2022 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59855

Actions (login required)

View Item View Item