Dakwah ukhuwah Nahdatul Ulama dalam menjaga kemajemukan masyarakat Indonesia : Analisis dakwah di Lembaga Dakwah Nahdatul Ulama (LDNU) Jawa Barat periode 2016-2021

Irkham, Maulana Wedy (2022) Dakwah ukhuwah Nahdatul Ulama dalam menjaga kemajemukan masyarakat Indonesia : Analisis dakwah di Lembaga Dakwah Nahdatul Ulama (LDNU) Jawa Barat periode 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Ukuhuwah merupakan sistem kerja sosial dalam bentuk persaudaraan. Bagi Nahdlatul Ulama, ukhuwah dibagi menjadi Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim), Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan sesama masyarakat negara), dan Ukhuwah Insanniyah (persaudaraan sesama umat manusia dunia). Ukhuwah menjadi poros utama manusia dalam bermasyarakat, bernegara, serta beragama. Ukhuwah menjadikan manusia lebih seimbang dan lebih terorganisir. Sebab, keberadaan kita tidaklah sendiri, melainkan miliyaran umat manusia. Fokus penelitian ini meliputi Bagaimana Dakwah Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Insaniyah yang diterapkan oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Barat dalam rangka menjaga kemajemukan Negara Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep, materi dan metode yang dilakukan Lembaga Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat dalam upaya merawat kebhinekaan atau kemajemukan masyarakat Indonesia. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Konstrutivisme, yaitu tentang proses individu yang bertindak melalui aspek konseptual dan empirisme. Teori tersebut meyakini bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang, termasuk aspek kognitif seseorang. Dimana ia akan memproses secara matang pengamatannya dan kemudian melakukan tindakan yang nyata dan tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah study Deskriptif dengan data kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan wawancara, dokumentasi, dan catatan-catatan Lembaga Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat. Objek penelitian difokuskan dalam konsep, materi dan metode yang diolah dengan study deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, Pertama, kehidupan manusia akan selalu memiliki keterikatan dengan berbagai macam unsur kehidupan yang ada dan pemahaman terhadap konsep ukhuwah menjadi hal yang harus diberikan kepada masyarakat untuk menjaga keberagaman diantara seluruh elemen. Kedua, bahwa sinergitas dari pemangku kebijakan dengan masyarakat juga mampu mendorong kerukunan masyarakat tanpa harus menggantungkan kepada kalangan ulama saja. Ketiga, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama menjadikan dirinya sebagai lembaga controling terhadap kedinamisan dakwah dan zaman yang terus berkembang. Hal tersebut dimaksudkan untuk menertibkan masyarakat umum dan menjaga kemajemukan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Ukhuwah; Lembaga Dakwah NU; Kemajemukan
Subjects: General Organizations, Foundations
Sects of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maulana Wedy Irkham
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:02
Last Modified: 13 Oct 2022 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59853

Actions (login required)

View Item View Item