Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan Tartil membaca Alquran dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis : Penelitian di MTs Nihayatul Amal Purwasari Karawang

Rohmat, Agus (2022) Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan Tartil membaca Alquran dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis : Penelitian di MTs Nihayatul Amal Purwasari Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi di MTs Nihayatul Amal Purwasari, Karawang ditemukan permasalahan yang dapat diidentifikasi bahwa: 1) masih terdapat siswa yang belum mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil, baik dan benar, 2) terdapat siswa yang motivasi belajarnya masih rendah 3) Penggunaan atau penerapan metode pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang selama ini berlangsung masih kurang maksimal. Melihat kondisi yang demikian, dipelukan sebuah metode yang dapat meningkatkan kemampuan tartil membaca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yaitu dengan menggunakan metode qira’ati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode qira’ati dalam meningkatkan kemampuan tartil membaca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa metode qira’ati menekankan pada kemampuan tartil membaca Al-Qur’an serta memberikan motivasi belajar pada siswa. Hipotesis penelitian ini membuktikan hipotesis Ha yaitu terdapat pengaruh penerapan metode qira’ati dalam meningkatkan kemampuan tartil membaca Al-Qur'an dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperiment dan menggunakan nonequivalent control group desain. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, angket, dan dokmentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan tartil membaca Al-Qur’an siswa di MTs Nihayatul Amal Purwasari Karawang, hal ini dapat dilihat dari nilai rerata kelas eksperimen sebesar 90,22%, menunjukan katagori sangat tinggi, sedangkan nilai rerata pada kelas kontrol sebesar 78,03% menunjukan katagori tinggi, 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di MTs Nihayatul Amal Purwasari Karawang, hal ini dapat dilihat dari nilai rerata kelas eksperimen 61,66%, menunjukan katagori cukup, sedangkan pada kelas kontrol nilai reratanya sebesar 58,12% menunjukan katagori cukup, 3) penerapan metode qira’ati di MTs Nihayatul Amal Purwasari Karawang talah menunjukan hasil yang baik dan signifikan, hal ini dapat dilihat dari nilai persentasi pada kelas eksperimen sebesar 90,19% menunjukan katagori sangat baik dan pada kelas kontrol sebesar 76,88% menunjukan katagori baik. Hal ini menunjukan bahwa metode qira’ati lebih efektif dalam meningkatkan kemampauan tartil membaca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiraati; Kemampuan Membaca Alquran; Motivasi Belajar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 855970 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:34
Last Modified: 13 Oct 2022 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item