Pemanfaatan limbah sayuran, cangkang, telur dan nasi basi sebagai pupuk organik cair pada tanaman pakcoy (Brassica rapa L.)

Najah, Warosatun (2022) Pemanfaatan limbah sayuran, cangkang, telur dan nasi basi sebagai pupuk organik cair pada tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Limbah rumah tangga penyumbang sampah organik yang paling tinggi jika tidak ditindak lanjuti akan mengakibatkan pencemaran udara, tanah, air sungai maupun laut, tumpukan limbah tersebut akan menghasilkan gas metana, dalam meminimalisir sampah rumah tangga yaitu dengan dijadikan pupuk organik cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair dari limbah cangkang telur, limbah sayuran dan nasi basi terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy serta untuk mengetahui konsentrasi yang paling optimal pada pertumbuhan tanaman pakcoy. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok, terdiri dari enam perlakuan dan empat ulangan. Pupuk organik cair dibuat dengan komposisi cangkang Telur 1 kg, limbah sayuran 1 kg, nasi basi 1 kg, gula merah 800 g, Air 6 liter, air cucian beras 100 ml da EM4 100 ml. Penelitian ini menggunakan enam perlakuan dengan konsentrasi masing–masing perlakuan adalah 0% sebagai kontrol, 25%, 75%, 100% dan NPK sebagai pembanding pupuk anorganik, Selama 4 minggu dengan pemberian setiap perlakuan sebanyak 25 ml. Hasilnya menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah sayuran, cangkang telur dan nasi basi berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap tinggi tanaman dan tidak beda nyata terhadap panjang akar, berat kering, jumlah daun dan diameter batang. Kesimpulan yaitu pupuk organik cair dari limbah sayuran, cangkang telur dan nasi basi berpengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman terhadap pertumbuhan pada tanaman pakcoy dan tidak beda nyata terhadap panjang akar, jumlah daun, diameter batang, berat basah dan berat kering dengan konsentasi optimal 75% yang dapat meningkatkan petumbuhan baik itu tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat basah dan berat kering dengan presentase paling baik. Kata Kunci : Cangkang telur, Limbah sayuran, Nasi basi, Pakcoy, Pupuk organik cair.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cangkang telur; Limbah sayuran; Nasi basi; Pakcoy; Pupuk organik cair;
Subjects: Biology
Microorganisms
Plants, Botany
Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Unnamed user with email warosatunnajah08@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:16
Last Modified: 25 Oct 2022 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59833

Actions (login required)

View Item View Item