Pendidikan Tauhid dengan metode berpikir rasional : Implementasi dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas XII MA ASY-SYIFA Peundeuy Kabupaten Garut

Fauji, Rizki Maulana (2022) Pendidikan Tauhid dengan metode berpikir rasional : Implementasi dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas XII MA ASY-SYIFA Peundeuy Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Allah menyuruh hamba-nya berpikir untuk beriman kepada-nya melalui ayat kauniyah dan qauliyah-nya. Namun kenyataannya, selama ini umat muslim hanya menerima doktrin tanpa di tuntun untuk berpikir. Akibatnya, banyak umat muslim yang mengalami kerisis identitas dalam kesilamannya. Dalam penelitian ini, peneliti berharap dalam metode rasional yang di lakukan dalam pembelajaran pendidikan islam bisa mengajak siswa/siswi berpikir secara rasional dalam materi pembelajaran tauhid yang ada dalam buku paket akidah akhlak, sehingga dengan metode rasional ini para siswa/siswi memiliki dasar pemikiran yang kuat dalam akidah-nya terutama dalam ranah tauhid. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Mendeskripsikan materi tauhid pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas 12 MA Asy-syifa peundeuy kabupaten garut;, (2) Mendeskripsikan penerapan metode rasional;, (3) Mendeskripsikan penerapan metode rasional pada proses pembelajaran materi tauhid pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Asy-Syifa peundeuy kabupaten garut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Apa saja materi tauhid pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas 12 MA Asy-Syifa peundeuy kabupaten garut?, (2) B agaimana penerapan metode rasional?, (3) Bagaimana proses pembelajaran materi tauhid dengan metode berpikir rasional pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Asy-Syifa peundeuy kabupaten garut?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library reasearch). Jenis pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan Teknik reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dalam pelajaran akidah akhlak kelas 12 bahwa materi tauhid yang terdapat dalam materi buku membahas tentang asmaul’husna, (2) prosedur metode rasional dilakukan dengan meragukan sesuatu yang sudah di anggap benar, memberikan contoh-contoh, evaluasi, (3) proses Pendidikan tauhid dengan metode berpikir rasional di lakukan terlebih dahulu mengetahui dasar dari materi, lalu di nalisis secara dalil naqli dan aqli, setelah itu masuk dalam ranah sifat Allah yang dimana Allah memiliki sifat wajibul wujud, lalu di bahas secara dalil aqli bagaimana wajibul wujud itu berperan agar tidak adanya daur dan tasasul, setelah itu memberikan contoh di kehidupan siswa/siswi pada umumnya, dan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan pemikiran agar siswa/siswi bisa berpikir lebih luas, kristis dan sistematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid; Metode Berpikir Rasional
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Maulana Fauji
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:58
Last Modified: 13 Oct 2022 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59824

Actions (login required)

View Item View Item