Pengaruh nilai parameter terhadap respon kecepatan dan torsi motor BLDC menggunakan Digital Signal Processor TMS320F28027F

Adriansyah, Muhammad Rizal (2022) Pengaruh nilai parameter terhadap respon kecepatan dan torsi motor BLDC menggunakan Digital Signal Processor TMS320F28027F. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu jenis motor listrik yang banyak digunakan ialah jenis Motor Brushless Direct Current (BLDC). Pengaplikasian motor BLDC saat ini sudah banyak diterapkan karena motor BLDC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis motor lain, seperti memiliki efisiensi yang lebih tinggi, bebas perawatan, dan memiliki rasio daya yang baik terhadap beban. Motor BLDC membutuhkan data mengenai beberapa nilai parameter tertentu untuk memiliki representasi motor yang akurat. Model motor kemudian digunakan untuk menjalankan sebuah penaksiran yang akan memberikan variabel nilai parameter yang sebelumnya belum diketahui. Hasil nilai parameter yang sudah didapatkan dari proses identifikasi dapat menjadi acuan yang akurat dalam pengoprasian sistem kendali. Pada penelitian ini dilakukan proses identifikasi demi mendapatkan nilai parameter motor BLDC dengan menggunakan fitur dari InstaSPIN. Hasil pengujian dari proses identifikasi nilai parameter dilakukan sebanyak 33 kali serta menghasilkan 4 variabel yang dijadikan sebagai acuan akurat terhadap proses pengambilan respon nilai kecepatan dan respon nilai torsi pada motor BLDC. Dari 33 data yang diambil didapatkan nilai rata-rata Rs sebesar 1.285590296 Ω, nilai Lsd dan Lsq sebesar 0.000156213 H, nilai Ls sebesar 0.000203309 H dan nilai fluks magnetik sebesar 0.116913487 Wb. Nilai parameter diaplikasikan terhadap sistem kendali dan kemudian dilihat respon kecepatan dan torsi yang dihasilkan motor BLDC. Hasil parameter yang dihasilkan melalui proses identifikasi lebih baik dan stabil dibandingkan dengan datasheet pembanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motor BLDC; Identifikasi; Parameter; Kecepatan; Torsi
Subjects: Applied Physics > Electronics
Applied Physics > Electric and Related Motors
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Muhammad Rizal Adriansyah
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:47
Last Modified: 13 Oct 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59822

Actions (login required)

View Item View Item