Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan eksplanasi ilmiah siswa

Hanifah, Nawang Seruni Katrien (2022) Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan eksplanasi ilmiah siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan eksplanasi ilmiah erat kaitannya dengan literasi ilmiah yang didapatkan siswa, karena dalam melakukan literasi, siswa membutuhkan kemampuan dalam memahami, menjelaskan, dan mengevaluasi fenomena-fenomena yang bersifat ilmiah seperti perkembangan teknologi dan juga isu-isu ilmiah yang mengacu pada konsep dan proses ilmiah. Jika angka literasi sains yang diperoleh siswa Indonesia rendah, hal ini juga berkaitan dengan keterampilan eksplanasi ilmiah siswa Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pengaruh serta membandingkan peningkatan keterampilan eksplanasi ilmiah pada kelas eksperimen dan kontrol, dan menganalisis respon siswa yang siswa berikan terkait penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning (SSIBL). Metode yang digunakan pada peneltiian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen, adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 24 Bandung, dengan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya adalah: Terdapat perbedaan hasil nilai N-gain antara kelas eksperimen dan kontrol dimana untuk kelas eksperimen sebesar 0,44 dan kelas kontrol sebesar 0,15 yang artinya terdapat peningkatan dengan kategori sedang pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis T bebas hasil signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan LKPD berbasis SSIBL terhadap peningkatan keterampilan eksplanasi ilmiah siswa. Besarnya pengaruh penggunaan LKPD berbasis SSIBL termasuk pada kategori besar, dibuktikan dengan hasil uji effect size sebesar 2,36.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Eksplanasi Ilmiah;Lembar Kerja Peserta Didik; Socio-Scientific Inquiry Based Learning
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nawang Seruni Katrien Hanifah
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:21
Last Modified: 13 Oct 2022 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59799

Actions (login required)

View Item View Item