Aplikasi nilai-nilai spiritual Islam dalam layanan bimbingan dan konseling : Analisis terhadap isi buku Psikologi Nabi karya Dr. Muhammad Utsman Najati

Syarah, Silvi Amalia (2022) Aplikasi nilai-nilai spiritual Islam dalam layanan bimbingan dan konseling : Analisis terhadap isi buku Psikologi Nabi karya Dr. Muhammad Utsman Najati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Dimensi nilai spiritual menjadi hal yang sangat signifikan. Urgensi pelibatan nilai spiritual dalam proses layanan bimbingan dan konseling muncul dari adanya suatu kebutuhan atas problematika yang dihadapi manusia berkaitan dengan mental dan kejiwaan yang tidak dapat diselesaikan secara konvensional. Melihat fenomena inilah yang menjadi dasar penelitian terhadap karya Dr. Muhammad Utsman Najati berlandaskan atas penemuan sebuah konsep yang dibangun yaitu melalui sumber utama yaitu Al-Qur’an dan Al- Hadits yang mengkaji suatu konsep kejiwaan serta hakikat yang berhubungan dengan kehidupan psikologis manusia. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Nilai-Nilai Spiritual Islam yang dapat diaplikasikan kedalam layanan bimbingan dan konseling yang terkonsep pada Bab ke-10 mengenai Psikoterapi Melalui Tinjauan Hadits. Landasan pemikiran bertolak mengenai Nilai, Spiritual, Bimbingan dan Konseling dan Hadits. Teori-teori ini memaparkan mengenai nilai spiritual Islam dalam layanan bimbingan dan konseling dari penggalian struktur makro, superstuktur dan struktur mikro karya Dr. Muhammad Utsman Najati dengan sebuah hasil akhir yaitu adanya Aplikasi Nilai - Nilai Spiritual dalam layanan bimbingan dan konseling yang dapat diimplemetasikan sebagai problem solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode analisis wacana Teori Van Dijk dengan teknik pengumpulan data melalui analisis teks dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku Psikologi Nabi karya Dr. Muhammad Utsman Najati memuat Nilai-Nilai Spiritual Islam dalam layanan bimbingan dan Konseling yaitu Religious Guidence and couseling dengan bantuan pendekatan psikoanalisis yang diseimbangkan dengan konsep psikoterapi dengan penguatan dalam keimanan dan ketauhidan, bertaqwa dalam berbagai situasi dan keadaan serta ikhlas dalam menjalankan ibadah dengan menanamkan kekuatan spiritual melalui keimanan, serta mempraktikan sholat, puasa doa dan dzikir yang memiliki peranan substantif dalam upaya menciptakan dan menjaga kesehatan mental jiwa manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Spiritual Islam; Layanan Bimbingan Konseling
Subjects: Psychology
Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Silvi Amalia Syarah
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:11
Last Modified: 12 Oct 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59753

Actions (login required)

View Item View Item