Pengaruh kerja part time terhadap gaya hidup Mahasiswa Jurusan Sosiologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Farisa, Nabila (2022) Pengaruh kerja part time terhadap gaya hidup Mahasiswa Jurusan Sosiologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya kebutuhan hidup mahasiswa membuat sebagian dari mereka mencari cara agar memiliki pemasukan tambahan. Kerja part time menjadi salah satu alternatif mahasiswa dalam mengisi waktu luang serta mencari penghasilan tambahan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Namun faktanya, semakin besar pemasukan yang didapat oleh mahasiswa, tingkat konsumsinya juga semakin tinggi dan membuat mahasiswa terjebak dalam gaya hidup konsumtif. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kerja part time terhadap gaya hidup mahasiswa Jurusan Sosiologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung?. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Praktik dari Pierre Bourdie yang konsep teorinya ialah (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik. Gaya hidup yang konsumtif atau hedonis merupakan hasil perwujudan relasi antara habitus mahasiswa, ranah pendidikan dan pekerjaan, serta modal yang dimiliki mahasiswa pada ruang sosial Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 187 orang mahasiswa jurusan Sosiologi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan 54 mahasiswa terpilih sebagai sampel. Adapun teknik pengambilan sampelnya ialah simple random sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana, uji-t, dan uji determinasi yang dibantu program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerja paruh waktu (X) berpengaruh positif terhadap gaya hidup (Y), dibuktikan dengan nilai uji koefisien korelasi sebesar 0,460 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 serta nilai thitung 6,059 > 2,021 dalam uji t. Dalam penelitian ini, ada beberapa faktor yang mendorong mahasiswa memilih kerja part time diantaranya faktor ekonomi, hobi, tipe pekerjaan, individu masing-masing, serta faktor lingkungan. Gaya hidup sendiri dilihat dari indikator aktivitas, minat dan pendapat. Adapun besar pengaruh variabel kerja part time terhadap gaya hidup adalah sebesar 21,1% dan sisanya sebanyak 78,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam model ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kerja part time; gaya hidup; mahasiswa
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nabila Farisa
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:21
Last Modified: 12 Oct 2022 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59742

Actions (login required)

View Item View Item