Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sub materi Makna Syu’abul Iman : Penelitian Quasi Experiment terhadap siswa kelas X SMKN 1 Purwakarta.

Riana, Iyan (2022) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sub materi Makna Syu’abul Iman : Penelitian Quasi Experiment terhadap siswa kelas X SMKN 1 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari studi pendahuluan tentang nilai peserta didik bervariatif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Purwakarta kelas X. Karena model pembelajaran yang dinilai hanya mengandalkan satu atau dua model saja juga dilatar belakangi beragamnya capaian belajar siswa pada mata pelajaran PAI, oleh karena itu perlu dicoba model pembelajaran Snowball Throwing yang dinilai dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi kelas X di SMKN 1 Purwakarta. 2) Hasil belajar kognitif siswa di SMKN 1 Purwakarta kelas X. 3) Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing pada hasil belajar kognitif siswa kelas X SMKN 1 Purwakarta. Penelitian ini berdasarkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model yang dinilai bisa merubah suasana belajar menjadi menyenangkan. Dalam konteks pembelajaran, Snowball Throwing diterapkan dengan melempar segumpalan kertas untuk menunjukan siswa yang harus menjawab soal dari guru. Strategi ini digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa serta dapat juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dalam materi tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimen. Quasi Experimen merupakan eksperimen Nonequivalent Control Group Design yaitu desain dengan pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T independent samples t-Test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran pada pertemuan pertama pada hasil observasi pembelajaran memperoleh skor 34 dengan presentase 87% termasuk pada kategori cukup baik. Pada pertemuan selanjutnya pertemuan kedua peserta didik memperoleh skor 36 dengan presentase 92% sangat baik. 2) Pada pretest kelas eksperimen nilai rata-ratanya adalah 58,33 sedangkan pada pada posttest memiliki rata-rata yaitu 73,12, terdapat peningkatan hasil belajar kognitif pada posttest kelas eksperimen. 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada hasil belajar kognitif siswa dalam uji N-Gain pada kelas eksperimen memperoleh nilai 0,56 yang diartikan pembelajaran tersebut berpengaruh. Pada N-Gain persen mendapatkan angka 56,27 hal ini termasuk kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam; Makna Syu’abul Iman; Quasi Eksperimen;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iyan Riana
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:37
Last Modified: 12 Oct 2022 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59720

Actions (login required)

View Item View Item