Metode orangtua dalam menumbuhkan spiritualitas anak : Studi kasus terhadap saudara EN, RH dan GH di Kampung Gang Sekolah Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta

Prasidilla, Regen Agie (2022) Metode orangtua dalam menumbuhkan spiritualitas anak : Studi kasus terhadap saudara EN, RH dan GH di Kampung Gang Sekolah Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Metode orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual anak dianggap penting karena dalam kehidupan mencapai kesuksesan adalah suatu tujuan begitupun bagi para orang tua yang mengiginkan anaknya menjadi seorang yang sukses dunia dan akhirat. Agar tercapainya kesuksesan tersebut maka diperlukan metode yang tepat, karena bagaimanapun juga selain dari gurunya anak juga sangat membutuhkan bimbingan maupun arahan dari orang tua nya masing-masing untuk meraih kesuksesan mereka. Permasalahan yang penulis temukan di lokasi penelitian adalah banyaknya orang tua yang menyerahkan pendidikan anak-anak mereka kepada gurunya terutama guru ngaji. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah pertama, untuk mengetahui apa itu kecerdasan spiritual anak, kedua untuk mengetahui pemahaman orang tua terhadap kecerdasan spiritualitas anak dan ketiga untuk mengetahui metode orang tua dalam pengembangan kecerdasan spiritualitas anak. Dalam penelitian kali ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif-deskirptif. Seperti yang definisikan oleh John Creswell metode penelitian kualitatif adalah “suatu pendekatan atau penelusuran untuk mengekplorasi dan memahami suatu gejala sentral.” Metode ini bertujuan untuk mendapatkan satu pemahaman tentang suatu peristiwa, gejala, dan realita dan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, teori fenomenologi dan proses indukti. Dan selanjutnya penelitian ini bersifat deskriptif, menjelaskan sebuah permasalahan dengan sesuai realitanya. Kemudian peneliti mengembangkan konsep dan mengumpulkan fakta yang ada, akan tetapi tidak melakukan hipotesis. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pertama makna kecerdasan spiritual anak bagi para orang tua di Desa Plered Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta seorang anak yang mencerminkan sifat dan perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam baik dari segi ibadah, akidah ataupun akhlaknya, kedua para orang tua memberikan partisipasi aktif dalam menumbuhkan spiritualitas anak, terlepas dari kesibukan mereka dengan latar belakang pekerjaan yang beragam, latar belakang pendidikan yang berbeda-beda dan perbedaan tingkat pengetahuan dari masing-masing orang tua tidak serta merta membuat mereka mengabaikan pendidikan anak-anaknya terutama pada aspek spiritual. Ketiga metode orang tua dalam pengembangan spiritualitas anak adalah dengan cara menceritakan kisah-kisah tauladan, mendukung anak untuk menuntut ilmu, metode keteladan, metode menerapkan kebiasaan, metode nasehat, metode pemberian perhatian, metode pemberian pujian dan menanamkan sikap jujur dan terbuka serta saling memaafkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Orangtua; Menumbuhkan Spiritualitas Anak
Subjects: Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Regen Agie prasidilla
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:03
Last Modified: 12 Oct 2022 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59704

Actions (login required)

View Item View Item