Stragei pemberdayaan masyarakat desa melalui program Gerakan Membangun Desa (GERBANG DESA) Provinsi Jawa Barat : Studi deskriptif pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat

Ridwan, Asep (2022) Stragei pemberdayaan masyarakat desa melalui program Gerakan Membangun Desa (GERBANG DESA) Provinsi Jawa Barat : Studi deskriptif pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat merupakan lembaga pemerintahan yang memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa di Provinsi Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat sendiri merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yang memiliki 27 kabupaten/kota dan 5312 desa dengan luas dan karakteristik wilayah yang berbeda – beda serta masih banyaknya strata desa yang masih rendah. Maka dari itu tujuan diadakannya program Gerbang Desa yaitu untuk meningkatkan strata desa yang ada di Provinsi Jawa Barat dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan ekologi dalam pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat desa melalui program Gerbang Desa. Penelitian ini akan membahas mengenai program Gerbang Desa yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan hasil. Penelitian ini menggunakan teori Andreas dan Savitri. Dalam teori ini dijelaskan bahwa strategi pemberdayaan mencakup pemberdayaan dalam pendekatan pembangunan bottom up, pemberdayaan dalam pendekatan pembangunan top down dan pemberdayaan dalam model gabungan bottom up dan top down pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menghubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam untuk menggambarkan dan menjelaskan secara detail mengenai objek penelitian yang diteliti. Tahapan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat desa melalui program Gerbang Desa adalah : Pertama, perencanaan program Gerbang Desa terdiri dari menentukan tujuan, menentukan jenis program dan menentukan pendekatan perencanaan program melalui bottom up dan top down. Kedua, pelaksanaan program Gerbang Desa dimulai dari melaksanakan perencanaan program melalui pendekatan bottom up dan top down, menentukan lokasi program, melaksanakan pendekatan pelaksanaan dan faktor peluang dan ancaman. Ketiga, hasil program Gerbang Desa adalah terlebih dahulu dilakukan monitoring dan evaluasi kemudian pencapaian program Gerbang Desa yaitu meningkatnya perekonomian masyarakat desa dan meningkatnya strata desa di Provinsi Jawa Barat. Secara umum penelitian ini mengenai strategi pemberdayaan masyarakat desa melalui program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) provinsi Jawa Barat dapat disimpulkan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberdayaan Masyarakat; Gerbang Desa
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asep Ridwan
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:14
Last Modified: 12 Oct 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item