Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V-D MI Salafiyah Kabupaten Bandung

Sopiatunnisa, Eka (2022) Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V-D MI Salafiyah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan pada hasil belajar kognitif siswa di kelas V-D MI Salafiyah Kabupaten Bandung, pada pembelajaran tematik belum mencapai nilai KKM. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), terdapat beberapa siswa yang hanya diam dan mendengarkan penjelasan guru tanpa ada aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan siswa. Sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar kognitif yang dihasilkan rendah. tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan model group to grotup exchange, 2) proses penerapan model group to grotup exchange pada setiap siklus, 3) hasil belajae kognitif siswa pada pembelajarn tematik setelah penerapan model group to grotup exchange. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya dengan penerapan model pembelajaran yang baik dan tepat, seperti model group to grotup exchange. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas V MI Salafiyah. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen seperti RPP, lembar evaluasi, lembar observasi guru dan siswa. Analisis deskripti untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkan model group to grotup exchange memperoleh nilai rata-rata 59 dan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 12%. 2) penerapan model group to grotup exchange berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Adapun keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I tindakan I sebesar 59%, pada siklus I tindakan II sebesar 68%, pada siklus II tindakan I sebesar 79%, dan siklus II tindakan II meningkat sebesar 89%. Sedangkan keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I tindakan I sebesar 58%, pada siklus I tindakan II sebesar 71%, pada siklus II tindakan I sebesar 78% dan siklus II tindakan II meningkat sebesar 88%. 3) hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model group to grotup exchange mengalami peningkatan. Pada siklus I tindakan I rata-rata nilai siswa 66,32 dengan presentase ketuntasan belajar 28%, pada siklus I tindakan II rata-rata nilai siswa 69,8 dengan presentase ketuntasan belajar 48%, pada siklus II tindakan I rata-rata nilai siswa 80,12 dengan presentase ketuntasan belajar 72%, pada siklus II tindakan II 82,16 dengan presentase ketuntasan belajar 80%. Dengan demikian penelitian PTK ini telah selesai dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran group to grotup exchange; hasil belajar kognitif siswa; pembelajaran Tematik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Sopiatunnisa
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:48
Last Modified: 12 Oct 2022 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59697

Actions (login required)

View Item View Item