Strategi pemerintahan Desa dalam mengembangkan wisata Religi: Studi Cagar Budaya Masjid Peninggalan Syekh Jafar Sidiq di Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut

Sofieanisya, Shiva (2022) Strategi pemerintahan Desa dalam mengembangkan wisata Religi: Studi Cagar Budaya Masjid Peninggalan Syekh Jafar Sidiq di Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4.Bab 1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pemerintahan desa dalam mengembangkan wisata religi dengan fokus pada studi cagar budaya masjid peninggalan Syekh Jafar Sidiq di Desa Cibiuk Kidul, kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui potensi wisata pada Syekh Jafar Sidiq, mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat potensi pada masjid Syekh Jafar Sidiq, dan mengetahui strategi pemerintah desa dalam mengembangkan potensi pada masjid Syekh Jafar Sidiq. Adapun teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parsons dalam skema AGIL yaitu adatation, goal attainment, integration, dan latenccy. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya meggunakan metode analisis kualitatif deangan metode analisis narasi (narrative analysis) dan tahapan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa masjid Syekh Jafar Sidiq memiliki potensi yang banyak dikunjungi wisatawan, gaya arsitektur masjid yang unik, mempunyai nilai histori yang penting bagi umat Islam dan memiliki kenyamanan saat beribadah karena dikelilingi pemandangan pegunungan dan pesawahan di sekitar masjid. Ditemukan pula faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam pengembangan objek wisata religi pada masjid Syekh Jafar Sidiq. Faktor yang mendorong pengembangan objek wisata religi ialah perencanaan Kecamatan Cibiuk yang akan menjadi pusat Garut Utara yang dapat mempengaruhi pengembangan pariwisata yang ada di Cibiuk kidul dan masyarakatnya yang mayoritas Muslim dan religius menjadikan masjid tersebut sebagai sentra tempat peribadahan utama bagi masyarakat. Adapun faktor yang menghambat pada pengembangan objek wisata religi masjid Syekh Jafar Sidiq adalah belum adanya penangan langsung dari pemerintah, minimnya promosi dan inovasi untuk pengembangan masjid, kurangnya pelibatan masyarakat dalam pengeloaan masjid, akses jalan yang kurang baik dan kurangnya anggaran dana untuk pemberdayaan masyarakat. Strategi-strategi pemerintah desa dalam pengembangan wisata religi Masjid Syekh Jafar Sidiq adalah perlunya transparansi program pemerintah agar memudahkan pelaksnaanya dan membuat perencanacaan program jangka pedek dan jangka panjang untuk objek wisata religi; meningkatkan sarana dan prasarana dengan merencanakan pembangunan dan perbaikan masjid yang sudah mulai rusak dan memperbaiki dan memperluas jalan yang rusak; promosi wisata religi dengan membuat artikel-artikel mengenai masjid Syekh Jafar Sidiq dan berkerjasama dengan biro perjalanan wisata religi; dan pembinaan pemeberdayaan masyarakat dengan memeberikan pelatihan dan penyuluhan khusus mengenai managemen kepariwisataan dan pembinaan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wisata; religi, sosial; Masjid Syekh Jafar Sidiq
Subjects: Culture and Institutions
Buildings for Religious Architecture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Shiva Sofieanisya
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:22
Last Modified: 11 Oct 2022 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59650

Actions (login required)

View Item View Item