Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward and punishment hubungannya dengan kedisiplinan mereka : Pada siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor

Nuralim, Desi (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward and punishment hubungannya dengan kedisiplinan mereka : Pada siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode Reward and Punishment mendapat tanggapan yang cukup positif dari siswa. Namun disisi lain kedisiplinan sebagian besar mereka masih rendah. Harapan guru terkait pengguanaan metode Reward and Punishment itu agar tinggat kedisiplinan peserta didik tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Reward and Punishment, 2) Kedisiplinan siswa di SMK Pasundan Jatinangor, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan metode Reward and Punishment dengan kedisiplinan mereka disekolah. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa Kedisiplinan adalah sebuah ketaatan atau kepatuhan, dan ketaatan ini dapat berbentuk taat terhadap aturan (tata tertib) tertulis maupun tidak tertulis. Setiap individu memliki kepribadian dan karakteristik yang berbeda dalam proses pendisiplinan. Sehingga guru perlu menggunakan stimulus untuk mendisiplinkan peserta didik dengan metode yang sama yang menjadi peran bagi para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward and punishment (variable X) termasuk ke dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,89. Angka tersebut berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas kedisiplinan siswa (variable Y) termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,39. Angka tersebut berada pada interval 4,20-5,00. 3) Realitas hubungan kedua variabel: (a) Harga koefisien korelasi sebesar 0,02. Termasuk ke dalam kategori sangat rendah, karena berada pada interval 0,00-0,20. (b) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (0,147) ≥ ttabel (1,678), maka Hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang positif antara antara antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward and punishment dengan kedisiplinan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Metode; Kedisiplinan;
Subjects: Education > Ethical Education
Education > Psychology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Nuralim
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:58
Last Modified: 11 Oct 2022 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59623

Actions (login required)

View Item View Item