Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa menggunakan metode Ummi : Penelitian korelasional terhadap siswa Kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung

Nurhasanah, Risti (2022) Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa menggunakan metode Ummi : Penelitian korelasional terhadap siswa Kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an banyak dipengruhi oleh berbagai faktor, baik itu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun faktor yang berasal dari luar diri siswa (eksternal). Salah satu faktor yang berasal dari dalam diri siswa adalah faktor siswa. Faktor sikap dalam penelitian ini adalah mengenai komepetensi profesional guru PAI dalam menggunakan metode Ummi. Untuk itu dalam penelitian ini dipertanyakan sejauh mana hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Realitas sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan metode Ummi di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. 3) Hubungan sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap kemampuan profesional guru PAI. dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, semakin positif sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI maka akan semakin tinggi pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Sebaliknya, semakin negatif sikap siswa terhadap kemampuan profesional guru PAI maka semakin rendah pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui 1) observasi, yaitu untuk mendapatkan dan mencatat beberapa informasi yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. 2) angket, yaitu pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi profesionalisme guru PAI yang disebarkan kepada siswa kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung. 3) dokumentasi, yaitu berupa data tentang sekolah dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Realitas sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan metode Ummi termasuk pada kategori positif (skor 4,19). 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa termasuk kategori sangat tinggi rata-rata skor dari seluruh indikator variabel Y yaitu sebesar 4,46. 3) realitas hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesioanl guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi, diperoleh nilai 0,699 termasuk kateogori hubungan yang kuat. Dengan persentase sebesar 48,9%. Hal ini berarti terdapat 51,1% faktor lain yang ikut mempengaruhi kemampuan siswa membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap ; Kompetensi Profesional ; PAI ; Al-Qur'an ; Metode Ummi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risti Nurhasanah
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:34
Last Modified: 11 Oct 2022 08:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59616

Actions (login required)

View Item View Item