Pengaruh beban klaim dan pendapatan investasi terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada PT. Asuransi Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah periode 2011-2020

Hanifa, Sovia (2022) Pengaruh beban klaim dan pendapatan investasi terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada PT. Asuransi Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISU)
3_daftarisi.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi syariah berkembang berawal dari perbankan syariah yaitu bank muamalat. Seiring berjalannya waktu ekonomi syariah mulai memasuki lembaga keuangan non bank seperti halnya asuransi syariah. Asuransi syariah menurut undang-undang sama halnya dengan asuransi konvensional tetapi tidak terdapat premi dan dalam rangka pengelolaan kontribusi berdasarkan prinsip syariah guna saling menolong dan melindungi. Dengan kehadiran asuransi syariah dalam lingkungan kita merupakan suatu bentuk penyebaran risiko yang dimiliki walaupun tepat dibuat sebagai pengalihan risiko. Sehingga salah satu alternatif yang dapat mengalihkan dan mengendalikan risiko yang menjadi tanggung jawab pihak lain yaitu asuransi. Pada asuransi syariah terdapat dana tabarru’. Dana tabarru’ terkumpul dalam bentuk premi dikumpulkan dalam satu kumpulan dana, kemudian dana tersebut akan diinvestasikan dalam proyek-proyek atau pembiayaan-pembiayaan lainnya yang sejalan dengan syariah. Keuntungan dari hasil investasi setelah dikurangi dengan beban asuransi (klaim dan premi asuransi), akan dibagi antara peserta dan setelah dikeluarkan zakatnya akan dibagikan menurut kesepakatan. Surplus (defisit) Underwriting Dana Tabarru’ dipengaruhi oleh Beban Klaim, Hasil Investasi dan Kontribusi. Pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh Beban Klaim dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus (defisit) Underwriting Dana Tabarru’ Pada Perusahaan Asuransi Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan yang sudah diterbitkan oleh perusahaan Panin Dai-Ichi Life unit Syariah. Pada teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi, lalu analisis asosiatif yang terdiri dari, analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan juga pengujian hipotesis terdiri dari uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Beban Klaim berpengaruh Negatif signifikan terhadap Surplus (defisit) Underwriting Dana Tabarru’ dengan hasil uji t, t hitung < t tabel (-4,970 < -2,306). Pendapatan Investasi secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Surplus (defisit) Underwriting Dana Tabarru’ dengan hasil t hitung > t tabel (-0,850 > -2,306), lalu Beban Klaim dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus (defisit) Underwriting Dana Tabarru’ memiliki pengaruh secara simultan yang signifikan dengan hasil f hitung > f tabel (12,624 > 4,74).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: beban klaim; pendapatan investasi; surplus (defisit) underwriting; dana tabarru';
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sovia Hanifa
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:08
Last Modified: 11 Oct 2022 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59611

Actions (login required)

View Item View Item