Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) di Sektor property dan Real Estate pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi di PT. Lippo Karawaci Tbk

Elkasysyaf, Estu (2022) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) di Sektor property dan Real Estate pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi di PT. Lippo Karawaci Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan penempatan sejumlah dana atau sumberdaya lain yang dilakukan pada masa sekarang dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Investor yang akan melakukan investasi pada perusahaan harus mengetahui faktor yang dapat menyebabkan keuntungan ataupun kerugian ketika berinvestasi. Salah satu faktor yang dapat di pertimbangkan oleh investor untuk melaksanakan investasi adalah memahami informasi laporan keuangan gunamengetahui kefektifan perusahaan dalam mengetahui Debt to Equity Ratio untuk menilai perusahaan dalam pelaksanaan kewajibannya, menghasilkan nilai Net Profit Margin atau laba bersih pada perusahaan,serta mengetahui laba yang diperoleh dari investasi atau Return On Equity.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Lippo Karawachi Tbk. Untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Lippo Karawachi Tbk. Untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Lippo Karawachi Tbk. Kerangka berfikir yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori apabila Debt to Equity Ratio (DER) turun maka ReturnOn Equity (ROE) akan naik sebaliknya apabila Debt to Equity Ratio (DER) naik maka ReturnOn Equity (ROE) akan turun dan apabila Net Profit Margin (NPM) mengalami kenaikan maka Return On Equity (ROE)juga mengalami kenaikan, sebaliknya apabila Net Profit Margin (NPM) mengalami penurunan maka Return On Equity (ROE) akan ikut mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2010 – 20219 pada PT. Lippo Karawachi Tbk.. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Debt to Equity Ratio terhadap Return On Equity secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan besaran koeefisien determinasi 21,9% Secara parsial bahwa Net Profit Margin berpengaruh terhadap Return On Equity dengan koefisien determinasi sebesar 88,2%. Kemudian secara simultan dengan besaran koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 90,8% yang berarti Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin berpengaruh sebesar 90,8% terhadap Return On Equity PT. Lippo Karawaci, Tbk. sedangkan sisanya sebesar 9,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Net Profit Margin; Return On Equity
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Estu Elkasysyaf
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:03
Last Modified: 17 Oct 2022 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59609

Actions (login required)

View Item View Item