Nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholis Madjid dalam pendidikan Islam

Zahroh, Hilma Fatimatul (2022) Nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholis Madjid dalam pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh beberapa peristiwa konflik yang terjadi di Indonesia. Hal demikian menunjukkan rentannya masyarakat yang plural mengalami ketegangan dan konflik. Moderasi beragama merupakan suatu sikap untuk mewujudkan kerukunan antar pemeluk agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid yang meliputi (1) pengertian dan konsep moderasi beragama secara umum (2) nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid, (3) penanaman nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid dalam Pendidikan Islam. Pendidikan merupakan bagian dari alat untuk mengontrol sosial. Sehingga suatu problem sosial merupakan bagian penting untuk diperhatikan. Termasuk dengan ketegangan dan konflik yang berkaitan dengan agama. Moderasi beragama dalam pendidikan Islam diharapkan mampu mendorong adanya harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Nurcholish Madjid sebagai seorang tokoh pembaharu pemikiran di Indonesia terkenal konsen dangan kajian keislaman dan keindonesiaan. Penelitian ini mencoba menelusuri jejak pemikiran Nurcholish Madjid mengenai modersi beragama dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini didapat beberapa kesimpulan, diantaranya; (1) Moderasi beragama merupakan suatu konsep kesadaran multikultural antar pemeluk beragama untuk mewujudkan keharmonisan masyarakat. (2) Moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid memiliki beberapa nilai-nilai, yakni spirit tauhid dan teologi inklusif; pluralisme; dan toleransi. (3) Penerapan moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid dalam pendidikan Islam harus mempertimbangkan pendidikan yang ideal. Menurut Nurcholish madjid pendidikan Islam yang ideal adalah yang membangun lingkungan inklusif, liberasi, intelektualisme, dan kemodernan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; Pemikiran Nurcholish Madjid; Pendidikan Islam
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HILMA FATIMATUL zahro
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:08
Last Modified: 11 Oct 2022 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59607

Actions (login required)

View Item View Item