Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan

Fitri, Diana (2022) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pemikiran tentang pentingnya pengembangan lembar kegiatan alternatif bagi siswa dalam mata pelajaran IPA di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan. LKS dibuat dengan metode research and development (R&D) dan model desain ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu format uji kelayakan, soal tes dan angket respon. Format LKS yang dihasilkan divalidasi, hasil uji validasi empat ahli terhadap format LKS berbasis POE dinyatakan memenuhi syarat (valid), dengan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,97 dan hasil validasi uji keterbacaan diperoleh rata-rata 0,98 sehingga LKS berbasis POE berada pada kualifikasi layak dan produk siap dimanfaatkan di lapangan. Secara statistik, rata-rata hasil pretest adalah 30,65 sedangkan rata-rata untuk hasil posttest adalah 79,03 selisih dari pretest dan posttest sebesar 48,38 kemudian dilihat dari kriteria N-gain dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,7 maka hasil belajar siswa berada pada tingkat tinggi. Berdasarkan analisis uji t-berpasangan nilai t hitung 23,72 > t tabel 2,04 →H0 ditolak dengan ∞5%, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan LKS berbasis POE. Sebagian besar siswa menunjukkan respon yang sangat baik terhadap penggunaan LKS berbasis POE dengan rata-rata 3,60 dan persentase 89,96% artinya siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis POE dan respon positif tersebut dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan;LKS;POE;Pencemaran;Lingkungan
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diana Fitri
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:13
Last Modified: 14 Oct 2022 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59606

Actions (login required)

View Item View Item