Pemikiran Bisri Musthafa tentang manajemen organisasi dalam Al-Qur'an

Maulana, Yoga (2022) Pemikiran Bisri Musthafa tentang manajemen organisasi dalam Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy

Abstract

Allah SWT Menciptkan langit dan bumi dengan segala isinya,mengatur dengan sedemikan baik untuk ditetapkan pada ciptaanya. Makna tersebut berkaitan dengan istilah manajemen atau mengatur, karena didalamnya terdapat cara dan langkah untuk mengatur segala sesuatu dengan baik,sehingga mampu menjadikan segala sesuatu bisa lebih berharga. Dalam kehidupan manusia tidak pernah lepas dengan Istilah Manajemen, karena manusia adalah mankhluk yang memiliki kemampuan pikiran yang mengubah dan menentukan pilihan dalam hidupnya.dalam kehidupan manusia juga tidak akan pernah lepas dari Organisasi karena manusia adalah makhluk social yang saling berinteraksi dan mampu bekerjasama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang dimaksud Dengan Manajemen dalam Al-Qur’an, kemudian apa saja Karakteristik Manajemen yang ada dalam Al-Qur’an dan Bagaimana Penafsiran Bisri Musthafa tentang ayat-ayat Al-Qur’an tentang Manajemen ?. Adapun Jenis dan metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data penelitian dilakukan dengan dua jenis sumber data yaitu, primer dan sekunder. Studi kepustakaan (Library Research) sebagai teknik pengumpulan data, dan metode deskriptif-analitif sebagai teknik dalam menganalisa data. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini penulis menggunakan Teori Analysis Isi yang diungkapkan oleh Holsti bahwa Teori ini merupakan sembarang teknik penelitian yang ditujukan untuk membuat kesimpulan dengan cara mengidentifikasi karakteristik tertentu pada pesan-pesan secara sistematis dan objektif.. Dalam teori tafsir, penulis mengambil rujukan teori tafsir maudhu’i. Penelitian ini berhasil mendapatkan pengertian Manajemen Organisasi menurut Bisri Musthfa adalah suatu barisan yang terdiri dari beberapa bagian-bagian yang menyatu untuk saling menguatkan dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengagungkan agama Allah. Diibaratkan seperti sebuah bangunan yang berdiri kokoh ,berawal dari berbagai macam bahan bangunan, kemudian disatukan dengan tertata rapih, hasilnya mampu berdiri kokoh dan memberikan manfaat (tujuan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Organisasi; Al-Qur'an; Pemikiran Bisri Musthafa;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Yoga Maulana
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:18
Last Modified: 11 Oct 2022 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59573

Actions (login required)

View Item View Item