Strategi pendayagunaan hasil Zakat produktif dalam menguatkan ekonomi umat pasca pandemi Covid-19 di BAZNAS Provinsi Jawa Barat

Waspada, Mohammad Taqwa (2022) Strategi pendayagunaan hasil Zakat produktif dalam menguatkan ekonomi umat pasca pandemi Covid-19 di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Barat sebagai lembaga formal yang berwenang dalam menghimpun dan mendistribusikan zakat, yang perannya tidak hanya menghimpun serta mendistribusikan tetapi berperan juga dalam pendayagunaan zakat yang sifatnya produktif sehingga diharapkan dapat menguatkan kesejahteraan ekonomi umat, sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di indonesia, menjadikan suatu tantangan bagi BAZNAS Provinsi Jawa Barat di tahun 2022 yakni Penerima Manfaat (PM) atau Mustahik bisa bertranformasi menjadi Mudzakki, tujuannya sampai penerima manfaat bisa keluar dari garis kemiskinan melalui kebermanfaatan program unggulan yakni M To M (Mustahik To Muzakki) dan BCD (BAZNAS Community Development). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Formulasi strategi pendayagunaan, Implementasi strategi pendayagunaan dan Evaluasi strategi pendayagunaan hasil zakat produktif dalam menguatkan ekonomi umat pasca pandemi covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Manajemen Strategik menurut Fred. R. David Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan mengenai Strategi Pendayagunaan Zakat Produktif dalam menguatkan ekonomi umat pasca pandemic Covid-19. Hasil Penelitian deskriptif ini menunjukan berbagai bentuk formulasi strategi pendayagunaan mulai dari penguatan ekonomi sampai kesejahteraan umat dapat keluar dari garis kemiskinan, selain menyalurkan zakat produktif BAZNAS Provinsi Jawa Barat juga mengimplementasikan strategi dari program-program M To M (Mustahik To Muzakki) dan BCD; BAZNAS Community Development memiliki dampak kebermanfaatan jangka panjang, hasil ini juga bisa menunjukan adanya penguatan ekonomi setelah penerima manfaat ini diberdayakan tentunya didukung evaluasi strategi pendayagunaan oleh tim implementor BAZNAS yang selalu memonitoring dan mengevaluasi mustahik yang menerima zakat sehingga menjadi solusi di masa pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan Zakat; Zakat Produktif; Penguatan Ekonomi Umat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mohammad Taqwa Waspada
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:34
Last Modified: 12 Oct 2022 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59570

Actions (login required)

View Item View Item