Representasi penyintas covid-19 dalam foto cerita : Analisis semiotika Roland Barthes pada karya Adi Maulana Ibrahim berjudul Red Zone

Adianto, Alvy (2021) Representasi penyintas covid-19 dalam foto cerita : Analisis semiotika Roland Barthes pada karya Adi Maulana Ibrahim berjudul Red Zone. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman yang serba digital ini, fotografi merupakan salah satu komunikasi yang efektif. Dalam dunia kejurnalistikan biasanya fotografi disajikan untuk melengkapi atau memperkuat sebuah tulisan, namun ada juga fotografi yang digunakan untuk menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa yaitu foto Cerita atau foto cerita. RED ZONE merupakan sebuah foto Cerita karya Adi Maulana Ibrahim yang menceritakan tentang keadaannya sendiri ketika terpapar virus Covid-19 dan harus melakukan isosali mandiri. Pada foto cerita RED ZONE ini ada sepuluh foto yang ditampilkan juga dilengkapi dengan narasi berupa teks/caption. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui representasi penyintas covid�19 pada foto Cerita RED ZONE karya Adi Maulana Ibrahim, serta mengetahui pesan atau makna yang terkandung dalam foto cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes, yaitu semiotika yang menjelaskan tiga tahapan dalam memaknai tanda, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif yang dapat merekontruksi makna dalam sebuah tanda yang ada dalam foto cerita REDZONE. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian, terdapat tiga makna yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Maka peneliti menarik kesimpulan Pada foto cerita REDZONE ini memperlihatkan situasi dan kondisi yang dialami dan dirasakan oleh Adi Maulana Ibrahim ketika melakukan isolasi mandiri yang menandakan bahwa dirinya sendirilah yang menjadi penyintas covid-19, virus ini juga merupakan virus yang berbahaya. Saat Adi Maulana Ibrahim terpapar virus covid-19 dirinya menunjukan keadaan yang mengkhawatirkan, ketika melakukan isolasi mandiri ada berbagai perasaan�perasaan yang timbul seperti panik, terisolasi, ketakutan, perasaan rindu, bosan, malas hingga mengingat kematian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyintas Covid-19; Foto Cerita; Semiotika; Roland Barthes
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: alvy adianto
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:27
Last Modified: 28 Dec 2022 01:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59563

Actions (login required)

View Item View Item