Rancang bangun pengendali torsi berbasis metode Field Oriented Control (FOC) pada motor BLDC 3 fasa

Jauhar, Ruli (2022) Rancang bangun pengendali torsi berbasis metode Field Oriented Control (FOC) pada motor BLDC 3 fasa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Motor Brushless Direct Current (BLDC) memiliki karakteristik pengendalian kecepatan dan torsi yang lebih baik, efisiensi yang tinggi, dan biaya pemeliharaan yang terjangkau dibandingkan dengan jenis motor listrik lainnya. Motor BLDC memerlukan sistem kendali yang dapat menghasilkan torsi yang stabil dan responsif untuk memaksimalkan keunggulan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai pengendalian torsi dengan kendali Proportional Integral (PI) dan metode Field Oriented Control (FOC) menggunakan DSP LauncPad XL TMS320F28069M. Penelitian ini terlebih dahulu mensimulasikan kendali PI untuk melihat hasil pengendalian sebelum diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil simulasi memperoleh nilai Kp sebesar 0.80541 dan Ki sebesar 0.42578. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan respon yang baik dengan nilai overshoot dan error steady state yang kecil, sehingga menghasilkan keluaran dengan ripple yang rendah, sistem yang stabil, dan respon yang cepat. Sistem kendali yang dirancang mampu melakukan tracking torsi pada set point Iq 0,3 A, 0,6 A, dan 0,9 A. Secara berurutan didapatkan nilai settling time sebesar 0,02 s, 0,06 s, dan 0,16 s, nilai overshoot sebesar 4,2%, 2%, dan 1 %, dan nilai error steady state setiap set point didapatkan sebesar 4.9%, 3%, dan 3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motor BLDC; Torsi; FOC; PI; DSP;
Subjects: Electricity > Theories of Electricity
Applied Physics > Control Divices
Applied Physics > Testing and Measurement of Electrical Quantities
Applied Physics > Electric and Related Motors
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Ruli Jauhar
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:02
Last Modified: 11 Oct 2022 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59555

Actions (login required)

View Item View Item