Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi Ekosistem

Farid, Miftahul (2022) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantu LKPD pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil perhitungan statistik uji paired sample T-test menunjukan Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model CTL berbantu LKPD. Data hasil penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran ekosistem menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dan keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh skor 92% dengan kategori sangat baik. Peningkatan ketermpilan berfikir kreatif siswa menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh nilai 81% dengan kategori sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL berbantu LKPD dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CTL; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kreatif; LKPD;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Miftahul Farid
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:08
Last Modified: 11 Oct 2022 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59532

Actions (login required)

View Item View Item