Peran pemimpin dalam menjalin solidaritas di Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Rahman Nulhakim, Agam (2022) Peran pemimpin dalam menjalin solidaritas di Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

AGAM RAHMAN NULHAKIM, NIM 1178030006: Peran Pemimpin Dalam Menjalin Solidaritas Di Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di HMJ Sosiologi FISIP UIN SGD Bandung yang dimana para anggotanya kurang memiliki solidaritas yang tinggi, hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah peran yang dilakukan oleh pemimpin organisasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pemimpin dalam menjalin solidaritas di HMJ Sosiologi dan mengetahui bagaimana hambatan serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut dalam menjalin solidaritas di HMJ Sosiologi UIN SGD Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman, yang menyatakan bahwa realitas sosial dihasilkan dari konstruksi sosial yang diciptakan oleh komunitasnya sendiri. Masyarakat atau institusi sosial dapat terlihat nyata secara objektif yang merupakan bentuk dari individu melalui proses interaksi yang dapat disebut sebagai subjektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yang diambil dari wawancara Ketua HMJ Sosiologi UIN Bandung dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan Dokumentasi yang menghasilkan Data Jenuh. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran Pemimpin yang dilakukan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi UIN Bandung untuk membangun solidaritas Anggota nya masih belum maksimal. Hal ini dapat terlihat oleh kesadaran dan partisipasi dari Anggota untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan di organisasi. Hal ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor yang dapat menghambat terjalinnya solidaritas di HMJ Sosiologi diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Karena dalam membentuk solidaritas anggota di sebuah organisasi, membutuhkan peran pemimpin yang dapat mendampingi sekaligus penghubung antara anggota agar terjalin komunikasi yang baik, sehingga dapat menimbulkan rasa saling membutuhkan satu sama lain untuk mencapai keinginan bersama di dalam HMJ Sosiologi UIN Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemimpin; Solidaritas; HMJ Sosiologi FISIP UIN Bandung
Subjects: Social Process
Social Process > Leadership
Communities > Community Sociology
Communities > Specific Kinds of Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Agam Rahman Nulhakim
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:36
Last Modified: 11 Oct 2022 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59521

Actions (login required)

View Item View Item