Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 1 Cangkuang Kabupaten Bandung

Astriani, Annisa Nurul (2022) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 1 Cangkuang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di lapangan, nilai-nilai moderasi beragama sudah diimplementasikan di SMP Negeri 1 Cangkuang dalam pembelajaran PAI. Hal in dilatarbelakangi oleh peserta didik non muslim yang bertambah setiap tahunnya. Karena peserta didik di SMP Negeri 1 Cangkuang mayoritas beragama Islam, maka hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi guru PAI untuk memperkuat pengetahuan peserta didik mengenai perbedaan agama dan cara bersikap dalam hubungan sosial serta batasannya sesuai syariat. Namun pada kenyataannya, peneliti belum mengetahui bagaimana realita implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama di kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 1 Cangkuang, 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 1 Cangkuang, 3) Hasil implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama terhadap perilaku siswa di SMPN 1 Cangkuang. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa, sekolah merupakan salah satu wadah untuk memberi pemahaman bagi penerus bangsa agar tidak salah dalam menyikapi perbedaan yang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam hal ini mengambil peran penting dalam pengarusutamaan nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: 1) Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. 2) Sumber data penelitian ini adalah guru PAI dan 54 orang siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cangkuang sebagai sampel dari 464 populasi. 3) Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. 4) Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. 5) Tempat dan waktu penelitian yaitu di SMP Negeri 1 Cangkuang mulai dari Juni s/d Juli 2022. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama di kelas IX SMP Negeri 1 Cangkuang sudah sangat tinggi. Hal ini berdasarkan angket rata-rata 94,04 % yang berada pada rentang nilai 81%-100%. Upaya guru yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai moderasi beragama pada materi pembelajaran, menggunakan model pembelajaran cooperative learning untuk melatih kemampuan sosial peserta didik. 2) Faktor pendukung yaitu adanya siswa yang mempunyai basic pengetahuan agama dan adanya forum diskusi pada MGMP. Sedangkan faktor penghambatnya ada pada kurikulum yang belum disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, pengetahuan dasar keagamaan siswa. 3) Hasil implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama terhadap perilaku peseta didik sudah tinggi. Hal ini berdasarkan angket rata-rata 91,31 % yang berada pada rentang nilai 81%-100%. Peserta didik dapat menghormati orang lain, terbiasa dengan perbedaan di lingkungan sekolah, dan memiliki sikap toleransi, sehingga hal tersebut mencerminkan peserta didik yang bersikap moderat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan Agama Islam; Moderasi Beragama
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Nurul Astriani
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:31
Last Modified: 12 Oct 2022 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59496

Actions (login required)

View Item View Item