Bimbingan agama Islam dalam pembentukan akhlak anak panti di Panti Asuhan Himmatun Ayat : Panti Asuhan Himmatun Ayat. Jl. Cibiru Indah VII RT. 04 RW. 14 Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kota Bandung, Prov. Jawa Barat, 40625

Sugriwa, Utun Hendra (2022) Bimbingan agama Islam dalam pembentukan akhlak anak panti di Panti Asuhan Himmatun Ayat : Panti Asuhan Himmatun Ayat. Jl. Cibiru Indah VII RT. 04 RW. 14 Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kota Bandung, Prov. Jawa Barat, 40625. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kurangmnya penyesuaian diri atau yang bisa disebut dengan akhlak adalah banyaknya pengaruh dari lingkungan yang mana kurangnya akan kesadaran akan pentingnya pengetahuan Agama. Salah satu upaya menanggulanginya adalah dengan melaksanakan program bimbingan Agama islam oleh pembimbing/ pengurus di Panti Asuhan Himmatun Ayat yang bertujuan secara husus yaitu, mempersiapkan kader pemimpin yang amanah sehingga mampu tampil sebagai agen perubahan masyarakat menuju masyarakat yang diridhoi Allah swt, membentuk panti percontohan dalam pembinaan anak yatim berdasarkan pengelompokan usia, membentuk generasi yang berbudi pekerti,berakhlak, mandiri dan berprestasi. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai pada pelaksanaan Bimbingan Agama Islam dalam pembentukan Akhlak Anak Panti di Panti Asuhan Himmatun Ayat. Penelitian ini didasari Konsep Bimbingan Agama Islam untuk membantu manusia agar hidup selaras dengan nilai-nilai yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam proses membantu individu, tetapi dalam kepemimpinan Islam konsepnya didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits. Dengan adanya bimbingan Agama Islam dalam pembentukan Akhlak Pada Anak Panti di Panti Asuhan Himmatun Ayat memiliki tujuan penting yaitu agar anak mempunyai kepribadian yang baik dan dapat memahami dan memilih prilaku yang baik. Sehingga Anak dapat membedakan Akhlak yang baik dan Akhlak yang buruk. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriftif kualitatif. Dengan metode deskriptif, peneliti dapat menggambarkan secara sistematis, faktual, aktual mengenai Bimbingan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Anak Panti. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Bimbingan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Anak Panti dinilai berhasil karna dilakukan dengan program dan proses yang baik. Terbukti dengan adanya perubahan sikap pada anak Panti Asuhan Himmatun Ayat dari anak yang tidak terbiasa melakukan semua kegiatan yang ada di panti, setelah dilaksanakannya program yang ada di panti asuhan himmatun Ayat anak menjadi terbiasa bahkan menjadi sebuah kebutuhan didalam dirinya yaitu seperti pembiasaan untuk melaksanakan ibadah, pembentukan ahlak yang baik, membiasakan ibadah sunah, menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, menghafal Al-qur’an dan banyak pembiasaan-pembiasaan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Pembentukan Akhlak Panti
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Utun Hendra Sugtiwa
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:29
Last Modified: 17 Oct 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59484

Actions (login required)

View Item View Item