Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 17 Kerinci

Febria, Tiara Dwi (2022) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 17 Kerinci. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 17 Kerinci, peneliti memperoleh informasi bahwa dari 36 siswa kelas VII A,B terdapat 23 siswa yang belum mecapai KKM. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAI yaitu adanya kejenuhan atau rasa bosan peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu perlu penerapan metode pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 17 Kerinci antara lain metode Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. 3) Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik yang diajar dengan menggunakan Metode pembelajaran Mind Mapping di kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor pendekatan belajar yang meliputi metode pembelajaran yang digunakan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan adanya metode yang menyenangkan dan efektif. Antara lain metode mind mapping. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan sampel kelas VII A berjumlah 18 siswa dan kelas VII B 18 Siswa. Adapun teknik pengumpul data menggunakan tes, studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pelaksanaan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi memahami makna iman berdasarkan dalil naqli kelas VII A SMP Negeri 17 Kerinci secara keseluruhan dari dua pertemuan memiliki rata-rata tingkat keterlaksanaan sebesar 75% dan termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran mind mapping masih dibawah KKM dengan nilai 66,67, sedangkan hasil belajar siswa setelah digunakan metode mind mapping tergolong kategori baik dengan nilai 81,38. 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran mind mapping kelas VII A SMP Negeri 17 Kerinci tergolong sedang berdasarkan nilai gain 0,35.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Mind Mapping; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tiara Dwi Febria
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:12
Last Modified: 11 Oct 2022 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59476

Actions (login required)

View Item View Item