Metode dakwah dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam melalui media Youtube : Studi kasus pada akun Youtube Teladan Cinema

Dewi, Nada Prima (2022) Metode dakwah dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam melalui media Youtube : Studi kasus pada akun Youtube Teladan Cinema. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, termasuk berkembangnya teknologi dan informasi mengharuskan dakwah dikemas secara lebih mudah dan efisien guna mencapai tujuan dakwah yang telah ditentukan. Melihat realitas yang ada saat ini, media internet banyak dimanfaatkan sebagai media dalam menyampaikan dakwah salah satunya keberadaan YouTube. Di era yang serba canggih ini, hampir semua orang sudah mengenal YouTube. YouTube merupakan salah satu teknologi baru yang cocok digunakan untuk mempublikasikan pesan-pesan Islam kepada khalayak, sehingga menjadi kesempatan bagi komunitas muslim dalam berbagi dan mensyi’arkan nilai-nilai Islam. Seperti hal nya akun YouTube Teladan Cinema. Dalam proses dakwahnya, Teladan Cinema tentu menerapkan metode dakwah guna tercapaikan tujuan dakwah yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui penanaman pemahaman nilai-nilai Islam yang dilakukan oleh akun YouTube Teladan Cinema dan guna mengetahui teknik pendekatan yang digunakan akun YouTube Teladan Cinema dalam menanamka pemahaman nilai-nilai Islam. Untuk meneliti metode dakwah dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam melalui media YouTube yang dilakukan oleh Teladan Cinema ini peneliti menggunakan teori model komunikasi Lasswell. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini adalah : Pertama, Penanaman pemahaman nilai-nilai Islam yang dilakukan oleh Teladan Cinema dilakukan dengan cara menyampaikan pesan dakwah melalui film-film pendek inspiratif yang didalamnya mengandung pesan mengenai aqidah, pesan mengenai syari’ah dan pesan mengenai akhlak. Pesan-pesan dakwah yang disampaikan berkaitan dengan Al-Qur’an maupun hadits Nabi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pesan-pesan dakwah yang disampaikan memiliki landasan yang sangat kuat. Kedua, Teknik pendekatan dakwah yang digunakan Teladan Cinema dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam adalah dengan menggunakan pendekatan keteladanan. Pendekatan keteladanan dilakukan dengan cara menyajikan cerita atau kisah mengandung keteladan yang dimuat dalam film pendek inspiratif. Apabila merujuk pada Q.S An-Nahl ayat 125, metode dakwah yang digunakan Teladan Cinema dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam adalah menggunakan metode hikmah dan metode mau’izhah hasanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Nilai-nilai Islam; Akun YouTube
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nada Prima Dewi
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:14
Last Modified: 17 Oct 2022 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59475

Actions (login required)

View Item View Item