Pengalaman wartawan foto mengenai kerusuhan : Studi fenomenologi wartawan foto Ayobandung.com dan Pikiran Rakyat.com dalam meliput kerusuhan

Ramdani, Dadan (2022) Pengalaman wartawan foto mengenai kerusuhan : Studi fenomenologi wartawan foto Ayobandung.com dan Pikiran Rakyat.com dalam meliput kerusuhan. Sarjana thesis, UIIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Kerusuhan terjadi ketika sekelompok orang berkumpul untuk melakukan kekerasan, sebagai tindakan pembalasan atas perlakuan tidak adil. Beberapa penyebab terjadinya kerusuhan seperti ekonomi kehidupan yang buruk, kurangnya perhatian pemerintah terhadap masyarakat, pertandingan sepak bola, unjuk rasa, dan eksekusi lahan sebagai peristiwa yang besar berpotensinya kerusuhan. Wartawan Foto sebagai orang yang mengambil objek foto atau meliput saat kejadian berlangsung, tentu membawa dampak untuk diri sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman wartawan foto Ayo Bandung dan Pikiran Rakyat dalam meliput kerusuhan, untuk mengetahui pemaknaan wartawan foto Ayobandung dan Pikiran Rakyat mengenai liputan peristiwa kerusuhan, serta untuk mengetahui pengalaman wartawan foto Ayobandung dan Pikiran Rakyat mengenai liputan kerusuhan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi menurut Alfred Schutz. Berdasarkan fenomenologi Alfred Schutz, penelitian ini akan menggali pengalaman setiap wartawan foto yang pernah meliput kerusuhan. Diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan mengenai meliput kerusuhan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi fenomenologi. Tujuan dari penggunaan fenomenologi yakni untuk mengetahui peristiwa yang dialami dalam keadaan sadar dan dapat diterima oleh akal sehat. Metode fenomenologi digunakan agar mengetahui pemahaman, pemaknaan dan pengalaman wartawan Ayobandung dan Pikiran Rakyat dalam meliput kerusuhan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa fakta. Pertama Pemahaman wartawan foto mengenai kerusuhan dilihat berdasarkan seberapa tinggi potensi kontak fisik akan terjadi pada sebuah peristiwa. Biasanya peristiwa yang berujung pada kerusuhan adalah pertandingan sepak bola, unjuk rasa, dan eksekusi lahan. Kedua Pemaknaan dalam meliput kerusuhan menjadi seorang jurnalis harus tetap netral dan tidak memihak atau memperlihatkan sikapnya pada saat meliput kerusuhan, karena netralitas merupakan tataran utama setiap wartawan foto. Terakhir pengalaman wartawan foto Ayobandung dan Pikiran Rakyat dalam meliput kerusuhan adalah persiapan keselamatan wartawan foto sebelum berangkat ke lokasi kerusuhan, mulai dari mempersiapkan peralatan teknis hingga ke peralatan non teknis seperti persiapan jalur evakuasi dan pemetaan kekuataan massa/aparat keamanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerusuhan; Wartawan Foto; Fenomenologi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Civil Rights > Civil Rights
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: dadan ramdani
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:38
Last Modified: 11 Oct 2022 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59465

Actions (login required)

View Item View Item