Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi persuasif dalam melestarikan alam : Studi deskriptif akun Instagram @Greeners.co

Fitriani, Wahyu (2022) Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi persuasif dalam melestarikan alam : Studi deskriptif akun Instagram @Greeners.co. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

Media baru lahir seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi yang lebih baik dan praktis. Media sosial seperti Instagram merupakan salah satu bentuk media baru yang digunakan banyak kalangan, termasuk oleh perusahaan media untuk mendukung kegiatan jurnalistik. Ragam kegiatan jurnalistik telah dilakukan di media sosial, baik jurnalistik secara umum, maupun jurnalistik yang lebih khusus, seperti jurnalistik lingkungan. Media yang berfokus terhadap realitas lingkungan sangat jarang ditemukan. Greeners.co adalah media yang memanfaatkan Instagram dengan berfokus pada pemberitaan masalah lingkungan hidup, serta gaya hidup yang ramah lingkungan. Hal yang membedakan media Greeners.co dengan media lain terletak pada penyajian informasi yang disampaikan dengan pendekatan jurnalisme lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prioritas tema yang disajikan di akun Instagram Greeners.co, cara akun Instagram Greeners.co menyajikan informasi kepada audience, dan Inovasi Greeners.co dalam menciptakan Strategi engagement melalui sosial media Instagram untuk melestarikan lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah new media, konvergensi media dan Jurnalisme lingkungan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstuktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan melalui wawancara dan unggahan pada media sosial Instagram Greeners.co yang menjadi sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Greeners.co memanfaatkan media sosial Instagram dalam upaya mempersuasi audience untuk melestarikan alam dengan pendekatan jurnalisme lingkungan. Pertama, prioritas tema yang disajikan tidak memiliki batasan khusus. Kedua, cara Greeners.co menyajikan informasi dengan cara melakukan riset, menggunakan bahasa populer, serta memvisualisasikan dalam bentuk gambar dan video. Ketiga, Strategi engagement yang greeners lakukan dengan cara membuat konten interaktif seperti Live streaming/Live Instagram, dan give away serta melakukan evaluasi dan pembaharuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Baru; Instagram; Jurnalisme Lingkungan; Komunikasi Persuasif;
Subjects: Use of Other Information Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Wahyu Fitriani
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:41
Last Modified: 11 Oct 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59463

Actions (login required)

View Item View Item