Pengaruh bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa pasca Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) : Penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas sebelas dan dua belas MA Manbaul Huda Bandung

Handini, Fellia (2022) Pengaruh bimbingan klasikal terhadap kemandirian belajar siswa pasca Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) : Penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas sebelas dan dua belas MA Manbaul Huda Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk masalah pendidikan di masa covid 19. perubahan drastis ini tentu saja tidak mudah untuk diterima dengan cepat, dan menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan siswa. Salah satu dampak dari pembelajaran jarak jauh ini adalah menurunnya kemandirian belajar siswa, hal ini juga terjadi di MA Manbaul Huda dimana para siswa mengalami penurunan kemandirian belajar. mengingat pentingnya kemandirian belajar bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar maka penting nampaknya untuk menyelesaikan permasalahan ini dan membantu para siswa untuk memulihkan bahkan meningkatkan kemandirian belajar mereka. Layanan bimbingan klasikal menjadi layanan bantuan dasar yang biasa diberikan kepada siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apakah bimbingan klasikal dapat membantu para siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar mereka. penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa baik bimbingan klasikal di MA Manbaul Huda dan seberapa pengaruh bimbingan klasikal ini terhadap kemandirian belajar para siswa di MA Manbaul Huda. Penelitian ini bertolak pada salah satu fungsi bimbingan klasikal yaitu membantu siswa menyelesaikan permasalahannya dalam belajar untuk mencapai kesuksesan dalam mencapai tujuan belajar. Bimbingan klasikal juga dianggap sebagai layanan bantuan dasar yang praktis dan lebih efisien diberikan karena dapat secara langsung dan merata diberikan kepada seluruh siswa dengan waktu yang telah terjadwal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data survei menggunakan angket tertutup. Yaitu dengan menentukan populasi dan sampel, lalu melakukan pengumpulan data melalui instrumen penelitian yang telah dibuat dan yang terakhir melakukan analisis data yang didapat untuk menguji hipotesis mengenai seberapa baik bimbingan klasikal di MA Manbaul Huda dan Seberapa pengaruh bimbingan klasikal dan kemandirian belajar di MA Manbaul Huda. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan klasikal di MA Manbaul Huda berada pada kategori sagat baik, hal tersebut dapat dilihat dari persentase jumlah hasil distribusi nilai variabel bimbingan klasikal yang menunjukan 65% sangat baik dan 89% baik pada kemandirian belajar. selain itu ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan klasikal dengan kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0,00 < 0.01 dan nilai keberpengaruhan bimbingan klasikal terhadap variabel terikat kemandirian belajar sebesar 67,6 % Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal; Kemandirian Belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fellia Handini
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:52
Last Modified: 11 Oct 2022 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59456

Actions (login required)

View Item View Item