Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Chemi-Lab pada materi Titrasi asam basa

Setianingsih, Putri (2022) Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Chemi-Lab pada materi Titrasi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK inkuiri berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest- postest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN Jatinangor dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, LK, dan soal pretes postes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa sebesar 96,51% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK inkuiri berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa menghasilkan nilai beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari terendah hingga tertinggi secara berturut-turut ialah, tahap membuat hipotesis dengan nilai rata-rata 75,00, tahap merancang percobaan dengan nilai rata-rata 82,89, tahap menarik kesimpulan dengan nilai rata-rata 89,00, tahap merumuskan masalah dengan nilai rata-rata 91,66, tahap menganalisis data dengan nilai rata-rata 92,67 dan tahap melakukan percobaan dengan nilai rata-rata 100. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa tergolong tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0,70. Berdasarkan uji wilcoxon didapatkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi chemi-lab dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Aplikasi Chemi-Lab; Titrasi Asam Basa
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Putri Setianingsih
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:51
Last Modified: 11 Oct 2022 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59449

Actions (login required)

View Item View Item