Kepemimpinan kiai dalam pengembangan pondok pesantren: Studi deskriptif di pondok pesantren Al-Wasilah Lilhasanah Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi

Winangun, Ayu Bhakta (2022) Kepemimpinan kiai dalam pengembangan pondok pesantren: Studi deskriptif di pondok pesantren Al-Wasilah Lilhasanah Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan kiai sangat penting terhadap baik buruknya sebuah pondok pesantren, karena seorang pemimpin yang mampu menggerakkan, mengatur dan mengambil keputusan. Berdasarkan hasil pra penelitian, kepemimpinan kiai di pondok pesantren Al-Wasilah Lilhasanah sangat berperan penting terhadap peningkatan kualitas santri dan para asatidz serta pengembangan pondok pesantren. Meskipun sangat baru didirikan pesantren ini mampu bersaing dengan pesantren lain yang terduhulu. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji lebih dalam mengenai cara Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Wasilah Lilhasanah Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kiai dalam pengembangan pondok pesantren, untuk mengetahui strategi yang diterapkan kiai dalam pengembangan pondok pesantren dan untuk mengetahui hasil strategi dari kepemimpinan kiai dalam pengembangan pondok pesantren Al-Wasilah Lilhasanah. Penelitian ini mengacu kepada kerangka pemikiran dan teori kepemimpinan yang mengatakan, bahwasanya kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi para bawahan agar bersedia mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan juga memiliki tiga gaya yaitu otokratis, demokratis dan kendali bebas. kepemimpinan yang efektif harus memiliki strategi yang diterapkan agar tercapainya tujuan lembaga yang dipimpinnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi secara langsung, wawancara langsung dengan narasumber yang bersangkutan dan mengambl dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya demokratis. Sedangkan Strategi yang diterapkan oleh kiai dalam pengembangan pondok pesantren Al-wasilah Lilhasanah yaitu strategi yang terukur dan sistematis. Sehingga hasil strategi tersebut mempengaruhi peningkatan terhadap kulitas pondok pesantren melalui program unggulan tahfidz, kitab dan bahasa untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Strategi kepemimpinan yang dilakukan oleh kiai di pondok pesantren Al-Wasilah Lilhasanah sangatlah baik, diantaranya mengadakan kegiatan evaluasi yang dijalankan setiap sebulan sekali sehingga dapat memudahkan kiai untuk meraih misinya dalam memajukan dan meningkatkan pondok pesantren. Oleh sebab itu, sebuah pondok pesantren perlu didukung berbagai pihak dan aspek, mulai dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta sumber dana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pengembangan; Pondok Pesantren.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
General Management > Education, Research of Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ayu Bhakta Winangun
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:53
Last Modified: 10 Oct 2022 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59440

Actions (login required)

View Item View Item